Ratusan Perserta PBK Tahap I Siap Ikuti Pelatihan

Sumbawa, PSnews – Terdapat puluhan peserta di Kabupaten Sumbawa mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) binaan UPTD BLK Lombok Timur tahap I tahun anggaran 2021. Kegiatan terlaksana di UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Disnakertrans Kabupaten Sumbawa, yang dimulai pada Senin (15/2) kemarin.

Dalam laporannya, Plt Kepala LLK Sumbawa – Muhammad Yakub mengungkapkan, pada PBK Tahap I ini ada sebanyak 9 paket yang dilaksanakan, dengan total 144 peserta. Masing-masing kejuruan yang dipelatihankan yakni Processing Hasil Pertanian (PHP), menjahit, komputer, desain grafis, bahasa, listrik, las mekanik mobil dan mekanik sepeda motor. Masing-masing paket kejuruan diikuti sebanyak 16 peserta. ‘’Ada enam kejuruan yang melaksanakan pelatihan selama 33 hari, ada juga yang 35 hari seperti mekanik sepeda motor, 38 hari mekanik mobil, dan las selama 43 hari pelatihan,’’ ungkapnya.

Sementara Kepala Disnakertrans Sumbawa melalui Sekretaris – Lalu Tawakal mengapresiasi LLK Sumbawa yang berhasil mendapatkan paket PBK tersebut. Selain itu, pihaknya juga menegaskan kepada para peserta untuk tetap patuh pada protokol kesehatan selama mengikuti pelatihan. ‘’Terimakasih kepada Kepala LLK, karena berhasil mendapatkan paket kegiatan ini. Tanpa perjuangan Kepala tidak mungkin kegiatan ini ada di Sumbawa,’’ tuturnya.

Ia berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti semua proses pelatihan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Sehingga ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan di masa mendatang. ‘’Saya harap kepada peserta, untuk betul-betul hadir atas kemauan sendiri, tanpa paksaan. Kalau hanya untuk dapat uang duduk, maka itu tidak akan diridhoi oleh Allah. Ada 700 yang mendaftar, jadi kalian harus bersyukur sudah terpilih. Harus datang untuk mengikuti kegiatan ini. Sehingga apa yang sudah direncanakan panitia terlaksana sesuai harapan. Sehingga bisa lulus di uji kompetensi nanti. Banyak yang ikuti uji kompetensi kalau tidak sungguh-sungguh maka tidak lulus. Sertifikat itu nanti bisa jadi modal untuk cari pekerjaan. Juga bisa untuk buka usaha sendiri dengan sudah memiliki sertifikat nasional,’’ tukasnya.

Sementara kepada para instruktur juga diharap untuk dapat memberikan seluruh ilmunya kepada para peserta. Sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *