Pemkab Sumbawa Dapat Reward Anjungan Dukcapil Mandiri dari Mendagri

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa mendapatkan reward dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI – M Tito Karnavian berupa Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang dapat mencetak e-KTP. Reward tersebut merupakan bentuk apresiasi Mendagri kepada Pemda Sumbawa yang telah dinyatakan siap menghadapi Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020.

Reward didapatkan karena Pemkab Sumbawa telah menyelesaikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu Sumbawa, termasuk dengan pihak pengamanan. ‘’Sumbawa dianggap siap, karena telah menyelesaikan NPHD itu, sehingga kita diberikan reward bersama dengan KLU,’’ ungkap Sekda Sumbawa – Hasan Basri.

Dikatakan, reward disampaikan oleh Mendagri dalam sambutannya saat melaksanakan kunjungan ke Provinsi NTB, bersama pimpinan Kementerian/Lembaga RI seperti Menkompolhukam, Wakil Ketua DPD RI, Wakapolri dan Kasum TNI pada Selasa, 22 Juli 2020 di Kantor Gubenur NTB. ‘’Jadi intinya Sumbawa sudah siap. Tinggal pelaksanaan Pilkada saja. Itu yang disampaikan Mendagri dalam sambutannya,’’ terangnya.

Reward berupa ADM ini, menurutnya sangat membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengoperasiannya. Adapun ADM ini serupa dengan ATM. Bedanya, ADM tak mengeluarkan uang, namun dokumen yang dibutuhkan pemohon seperti e-KTP, KK atau akta kelahiran. ‘’Seperti ATM, tapi bedanya ADM ini berfungsi untuk pelayanan administrasi kependudukan. Untuk letak ditempatkan dan cara penggunaannya, nanti kita informasikan ke masyarakat setelah ADM ini diberikan oleh Mendagri,’’ demikian Sekda. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment