Dua Paket Puskesmas di Sumbawa Dalam Proses Tender

Sumbawa, PSnews – Rencana pembangunan dua puskesmas di Kabupaten Sumbawa sedang dalam proses. Dimana keduanya yakni paket Puskesmas Moyo Hilir dan Puskesmas Ropang saat ini sudah masuk dalam tahap tender di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PJB) Setda Sumbawa.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa – Abdul Malik kepada wartawan Rabu (13/5). Anggaran untuk kedua puskesmas tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Kementerian Kesehatan. Masing-masing puskesmas anggaran pembangunannya sekitar Rp 8 miliar. ‘’Masih proses tender. Dan hari ini adalah penjelasan pekerjaan, jadi kontraktor itu penyedia atau peminat meminta kepada kita tentang standar dokumen yang kami syaratkan,’’ terangnya.

Diungkapkan, kedua puskesmas itu akan dibangun baru. Dimana Puskesmas Moyo Hilir bakal dipindah ke lokasi dibekas pasar Desa Berare. Sementara untuk Puskesmas Buer, bangunan lama akan dirobohkan, kemudian dibangun baru. ‘’Alternatif kesehatan kalau di Buer tidak semua dirobohkan, ada ruang. Yang dirobohkan ini IGD dan ruang inap. Ruang pelayanan dan administrasi tidak diganggu. Kalau di Moyo Hilir kan direlokasi, dipindah. Jadi pelayanan kesehatan tetap berlangsung,’’ tuturnya.

Selain paket pembangunan puskesmas, ada juga paket pembangunan rumah dinas, paket air bersih dan paket Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada di satu lokasi. ‘’Pembangunan puskesmas ini lengkap dengan rumah dinas senilai Rp 1,5 miliar. Disatu lokasi pembangunan puskesmas, pembangunan rumah dinas, pembangunan air bersih Rp 200 juta dan pembangunan IPAL Rp 450 juta, paketnya masing-masing. Semua dari DAK Afirmasi Kemenkes,’’ demikian Malik. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment