Bupati Sumbawa Lantik 60 Kades Terpilih tahun 2020

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 60 Kepala Desa (Kades) terpilih di 10 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa resmi dilantik Bupati Sumbawa – M Husni Djibril pada Rabu (15/4) di aula H Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati. Pelantikan dilakukan secara bergelombang, 30 Kades dilantik pada waktu pagi, dan 30 Kades lagi dilantik sore hari.

Dalam sambutannya, Bupati menekankan beberapa hal kepada para Kades yang dilantik, diantaranya tentang pentingnya menjaga kondusifitas daerah. Saat memimpin, Kades diminta untuk tidak melakukan pemberhentian terhadap perangkat desa yang ada. “Pesan saya, tetap jaga kondusifitas desa dengan sebaik-baiknya. Terkait pemberhentian perangkat desa, ini sering kita lihat. Saya minta itu tidak dilakukan,’’ tegas Bupati.

Haji Husni juga meminta para Kades yang telah dilantik untuk segera menyusun RPJMDes, kemudian RKPDes, serta beberapa program kerja lainnya. Sehingga dalam pengelolaan keuangan nanti dapat mudah dilaksanakan. “Yang perlu ditekankan, sebagai Pemimpin Desa maksimal tiga bulan setelah dilantik Kades harus menyusun RPJMDes. Ini untuk waktu 6 tahun kedepan yang ditetapkan dalam Peraturan Desa. Dari RPJMDes tersebut Pemerintah Desa harus menyusun Reencana Kerja pembangunan desa atau RKPDes untuk jangka waktu satu tahun, buat kerangka program, prioritas rencana kerja, sebagai implementasinya APBDes harus dikelola berdasarkan azas transparan, akuntabel, dilakukan serta tertib dan disiplin anggaran,’’ tukasnya.

Dilanjutkan, dalam menyusun itu Kades harus merangkul semua pihak. Artinya tidak ada lagi yang namanya rival seperti pada saat pemilihan lalu. Semua masyarakat harus dirangkul demi kemajuan desa. ‘’Maka jangan jadikan musuh warga masyarakat yang tidak memilih kita. Kalau itu pendekatan yang dilakukan, InsyaAllah desa akan maju. Satukan semua masyarakat agar menjadi kuat. Apa yang diinginkan oleh kawan, apa yang diinginkan lawan sebelumnya, kita ramu menjadi baik. Harus ada kebijakan lahir batin dikita, jangan sampai ada kepentingan sesaat, jangan sampai ada kepentingan kelompok. Ini menjadi keruntuan Kepala Desa,’’ tandas Bupati.

Selain itu, Kades juga diminta untuk mampu memahami wilayah masing-masing. Dimana tiap desa harus memiliki data yang valid terkait masyarakat miskin, potensi desa, serta lainnya. Hal itu dinilai akan memudahkan Kades dalam menjalankan roda pemerintah desa serta membina masyarakat.

Pada pelantikan tersebut dihadiri pula Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah, Ketua DPRD Sumbawa – Abdul Rafiq, Kapolres dan Dandim Sumbawa, sejumlah Kepala OPD, serta lainnya. Untuk gelombang pertama, pelantikan dilakukan untuk 30 desa yang ada di Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer, Utan dan Rhee pada pukul 08.30 wita. Kemudian dilanjutkan pelantikan gelombang kedua untuk 30 desa di Kecamatan Labuhan Badas, Unter Iwes, Moyo Hilir, Moyo Utara dan Moyo Hulu pada pukul 15.00 wita. Sementara pelantikan terhadap Kades terpilih lainnya, dilaksanakan pada hari ini 16 April 2020, dengan dua gelombang. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment