Tingkatkan Layanan Telekomunikasi, Bupati Surati Operator Seluler dan Kementerian

Sumbawa, PSnews – Secara umum telekomunikasi seluler telah menjangkau hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa bahkan ke pelosok terpencil, dan sebagian besar telah berteknologi 3G/4G. Meski demikan, masih ada beberapa area yang menerima layanan telekomunikasi berbasis teknologi 2G/GSM. Mengingat semakin tingginya harapan masyarakat yang bukan hanya memanfaatkan sarana telekomunikasi seluler untuk sekedar berkomunikasi namun juga kebutuhan akan akses data melalui internet.

Rachman Ansori

Untuk memenuhi harapan tersebut, Bupati Sumbawa – M Husni Djibril telah bersurat kepada operator seluler dan Kementerian Kominfo untuk meningkatkan layanan yang berbasis teknologi 4G atau dapat melakukan interaksi dan komunikasi data melalui internet di beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa yang terdeteksi masih berbasis 2G/GSM. ‘’Bupati sudah bersurat ke operator seluler dan juga menyampaikan tembusannya kepada Menteri Kominfo agar layanan ditingkatkan menjadi 4G,’’ kata Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa – Rachman Ansori, pada Selasa (3/3) kepada awak media di ruang kerjanya.

Hal ini didasari atas kebutuhan berbagai pelayanan publik pemerintahan, maupun kebutuhan masyarakat dan dunia usaha akan akses informasi yang cepat khususnya dibidang pendidikan, kesehatan, transportasi, pertanian, peternakan dan sektor ekonomi masyarakat lainnya, mengingat luasnya wilayah Kabupaten Sumbawa yang potensial dan cepat berkembang, tambah Ansori. Terlebih saat ini, Pemerintah Pusat sedang memprogramkan seluruh wilayah Indonesia dapat terakses internet, maka Pemda langsung melakukan langkah-langkah proaktif.

Lebih lanjut, menurut mantan Camat Lunyuk ini bahwa usulan ini adalah hasil survey lapangan dan laporan pemerintah desa maupun masyarakat. ‘’Kami akan terus melalukan deteksi sinyal untuk memastikan kondisi di lapangan linear dengan data digital maupun data satelit yang ada di Kementerian Kominfo maupun operator seluler, sehingga memudahkan dalam pengusulan selanjutnya,’’ demikian Ansori.

Adapun wilayah yang diusulkan untuk ditingkatkan dari layanan 2G/GSM ke layanan 4G  sesuai Surat Bupati Sumbawa Nomor : 555/127/DKIS/II/2020, antara lain Desa Tangkam Pulit, Baturotok, Baodesa, Batudulang dan Tepal Kecamatan Batulanteh. Kemudian Desa Senawang, Sebeok, Mungkin dan Kelawis Kecamatan Orong Telu, Desa Sempe dan Mokong Kecamatan Moyo Hulu, Desa Sampe Kecamatan Rhee, juga Desa Ropang dan Labangkar Kecamatan Ropang, Desa SP Prode 2 dan SP Prode 3 Kecamatan Plampang, serta Desa Labuhan Ijuk Kecamatan Moyo Hilir. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment