Ratusan Pelajar Ikuti Kejurda Tingkat Kabupaten Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Antar Pelajar tingkat Kabupaten Sumbawa mulai digelar. Pembukaan terlaksana Senin (17/2) di GOR Mampis Rungan Sumbawa. Sebanyak ratusan pelajar di daerah mengikuti kejuaraan olahraga tersebut, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Bupati Sumbawa diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan – Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Kejurda Antar Pelajar merupakan salah satu wadah untuk memenuhi kebutuhan non akademis pelajar yang memiliki bakat dan minat, khususnya di bidang olahraga, yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan jasmani pelajar sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di Sekolah, juga bertujuan meningkatkan prestasi pelajar di bidang olahraga.

Disamping itu, Kejurda Antar Pelajar juga merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring atlet berbakat dalam bidang olahraga, untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet daerah, sehingga nantinya diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang olahraga di tingkat Regional, Nasional, maupun Internasional.

Pada kesempatan itu, seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa khususnya generasi muda diajak untuk menjadikan olahraga sebagai trend atau bagian dari gaya hidup. ‘’Dengan menjadikannya sebagai gaya hidup, akan membawa masyarakat sumbawa menjadi masyarakat yang memiliki daya saing sebagai upaya kita bersama mewujudkan Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat,’’ ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa – Rosmin Junaidi melaporkan, kejurda antar pelajar merupakan suatu wahana bagi pelajar untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dibidang olahraga dalam rangka meningkatkan jasmani dan daya kreatifitas, sehingga dipandang perlu memprogramkan kegiataan kejuaraan daerah antar pelajar yang diselenggarakan di tingkat kabupaten Sumbawa tahun 2020.

Adapun  cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Atletik (perorangan putra/putri dengan nomor pertandingan lari 50 M,60 M, 100 M, 200 M, 800 M, 1500 M, Lempar Lembing, Tolak Peluru, Lompat tinggi dan Lompat Jauh), Tenis Lapangan (Perorangan Putra/Putri), Sepak Takraw (Beregu Putra/Putri). Dengan jumlah peserta 257 orang atlit yang diikuti pelajar tingkat SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, dan MA di Kabupaten Sumbawa. Sehingga ia berharap dalam pelaksanakan pertandingan dapat berjalan secara tertib, penuh disiplin dan sprotifitas yang tinggi. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment