102 Peserta SKD CPNS Sumbawa Gugur Tanpa Tes

Sumbawa, PSnews – Hingga saat ini, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di Kabupaten Sumbawa masih berlangsung. Pada hari kelima Senin (3/2/2020), sedikitnya 102 orang peserta dinyatakan gugur tanpa menjalani tes terlebih dahulu.

Kepada wartawan, Kepala Badan Kepegawain Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur – Budi Sastrawan mengatakan, pelamar yang gugur sebelum mengikuti SKD rata-rata karena datang terlambat. Hingga akhirnya mereka tidak bisa melakukan registrasi sebelum pelaksanaan ujian.

Lebih jauh dijelaskan, menurut SOP dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), batas terkahir melakukan registrasi sekitar lima menit sebelum tes dimulai. Jika lewat dari waktu tersebut, registrasi tidak lagi bisa dilakukan. “Mereka gugur langsung karena mereka tidak mengikuti tes. Jadi hampir semuanya mereka itu datang telat,’’ terangnya Selasa (4/2).

Menurutnya, pengumuman kepada para peserta telah disampaikan. Mereka diminta hadir 1 jam sebelum pelaksanaan tes, untuk mengantisipasi keterlabatan. “Bisa saja mereka terlambat karena ada yang ketinggalan, banyak seperti itu kasusnya. Kalau yang datang mepet sudah mau ujian kita tidak bisa bantu, tapi kalau misalanya satu 1 jam sebelumnya dia datang, misalnya dia lupa kartu ujian, kita bisa bantu cetak disini, kalau kelupaan KTP, kita bisa bantu carikan di akunnya. Tapi itu butuh waktu, kalau yang datang mepet, kita tidak bisa bantu, sulit,’’ ujar Budi.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada para peserta SKD yang belum mengikuti tes agar mematangkan persiapannya. Yang terpenting yakni kehadirasn di lokasi tes. Peserta harus hadir paling lambat 1 jam sebelum tes dimulai. Karena harus melakukan registrasi tersebut dahulu. “Kami ingatkan kembali bagi pelamar sesi-sesi selanjutnya paling tidak satu hari itu sudah persiapan. Pertama terkait dengan waktu kehadiran. Kedua pakaiannya,’’ tegasnya.

Diungkapkan, hingga hari kelima sesi lima, sebanyak 2.398 orang peserta yang mengikuti SKD. Dari jumlah tersebut, 607 orang lulus passing grade. Pelaksanaan SKD CPNS Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 akan berkahir pada tanggal 13 Februari mendatang. “Melihat trand dari hari pertama sampai dengan ke hari ke enam ini, kami optimis untuk yang lolos passing grade sampai batas waktu 13 Februari akan bertambah. Tahun sebelumnya sampai dengan hari ketiga belum ada yang lolos, tapi sekarang hari pertama sudah banyak yang lolos,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *