Pansus Dewan Temukan Drainase Buruk Dibeberapa Tempat

Sumbawa, PSnews – Menindaklanjuti pidato Pengantar LKPJ Kepala Daerah Tahun 2018 yang telah disampaikan oleh Wakil Bupati Sumbawa pada Sidang Paripurna sebelumnya. DPRD Kabupaten Sumbawa membentuk panitia khusus (Pansus) untuk melakukan pengecekan lapangan untuk mengetahui capaian serapan anggaran masing-masing OPD yang ada. Salah satu hasil yang ditemukan Pansus Dewan yakni masih terdapat drainase buruk di beberapa tempat di Kabupaten Sumbawa.

Juru bicara Pansus Dewan – Andi Rusni pada sidang paripurna Selasa (30/4/2019) mengungkapkan, terdapat persoalan dibeberapa wilayah seperti Desa Rhee Luar, Dusun Pernang Desa Labuhan Burung, dan juga dibeberapa tempat lainnya, terkait buruknya kondisi drainase. Hal itu berakibat tergenangnya perkampungan penduduk yang disebabkan limpahan air hujan yang tidak teraliri pada saluran drainase. ‘’Pansus berharap agar Pemerintah Daerah memberikan perhatian serius terhadap persoalan buruknya kondisi drainase dibeberapa wilayah,’’ pinta Andis – sapaan akrabnya.

Selanjutnya, persoalan lain yang harus menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah yakni terkait Program Air Bersih yang telah dikerjakan dibeberapa tempat, akan tetapi tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, seperti yang terjadi di Dusun Ai Boro Desa Teluk Santong, Dusun Bukit Tinggi Desa Dete Kecamatan Lape, Dusun Labuhan Terata Desa Labuhan Kuris, Desa Lantung, dan juga dibeberapa tempat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Pansus memberikan apresiasi kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) atas keberhasilan menuntaskan Program Bedah Rumah atau Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) baik yang bersumber dari kementerian terkait maupun program yang bersumber dari APBD Kabupaten.

Terhadap program yang telah dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2018, Pansus berharap agar Dinas PRKP sebagai leading sector dapat melaksanakan dengan baik agar hajat Pemerintah Daerah membantu masyarakat tidak mampu dapat terlaksana dengan baik menuju masyarakat yang Hebat dan Bermartabat. “Program bedah rumah ini kedepannya perlu ditindaklanjuti mengingat sampai saat ini masih banyak masyarakat Kabupaten Sumbawa yang memiliki rumah tidak layak huni,’’ harapnya.

Pansus menyesali tindakan lamban dari Dinas PRKP, yang kurang tanggap terhadap laporan masyarakat terkait dengan lampu penerangan jalan yang banyak tidak berfungsi (mati), disejumlah wilayah khususnya di seputaran kota Sumbawa Besar. Pansus berharap agar ditindaklanjuti dengan segera, mengingat sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadan dan masyarakat memerlukan penerangan jalan dalam rangka melaksanakan ibadah. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *