KPU Sumbawa Demonstrasikan Kekuatan Kotak Suara Karton

Sumbawa, PSnews – KPU Kabupaten Sumbawa menegaskan kalau kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2019 mendatang bukan berbahan kardus, melainkan karton kedap air. Bahkan kotak suara dengan bahan karton ini pun pernah digunakan pada Pemilu 2014 lalu. “Kami sudah menggunakan secara parsial kotak suara dari bahan karton kedap air ini sejak Pemilu 2014,’’ kata Divisi Sosialisasi Informasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Sumbawa – Aryati, didampingi Anggota KPU lainnya – Yadi Hartono, dalam sosialisasi tahapan pemilu serentak kepada wartawan di Sumbawa pada Rabu (19/12/2018).

Lebih jauh diungkapkan, penggunaan kotak suara karton kedap air pada Pemilu 2014 lalu dilaksanakan di Kecamatan Sumbawa. Artinya, penggunaan kotak suara karton ini sudah melalui proses uji coba, dan hasilnya pun aman. “Kami coba dulu di pemilu 2014 di Kecamatan Sumbawa. Jadi karton ini sudah melalui Pemilu ke Pemilu, jadi Pemilu 2019 ini bukan pertama kalinya kita untuk logistik untuk bilik suara dari karton yang kedap air. Artinya sudah dicoba sebelumnya dan tidak ada masalah. Kita bisa laksanakan Pemilu 2014 dengan aman dan lancar. Artinya bahan karton kedap air ini mampu menghantarkan atau mampu mengamankan hasil rekapitulasi atau surat suara atau hasil pilihan rakyat yang disimpan dalam kotak suara itu secara aman. Jadi kami Insya Allah siap,’’ tandasnya.

Bahkan dalam kesempatan itu, KPU Sumbawa juga mendemonstrasikan kekuatan dari kotak suara bahan karton tersebut. Dengan mengangkat peserta sosialisasi yang masuk ke dalam kotak. Hasilnya pun kotak suara tidak jebol. “Dokumen dalam kotak suara itu paling berat sekitar 50 kg. Dan itu kita sudah coba dengan mengangkat teman-teman di dalam kotak suara, dan itu tidak jebol,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *