Disdukcapil Buka Perekaman Sampai Hari Pencoblosan

Sumbawa, PSnews – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa membuka layanan perekaman KTP-el hingga hari pencoblosan. Hingga saat ini, diperkirakan sekitar 1 persen masyarakat Kabupaten Sumbawa belum memiliki KTP-el. “Saya perkirakan saat ini, tersisa satu persen yang belum melakukan perekaman,’’ kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa – H Zulqifli.

Menurutnya, satu persen tersebut, akan terus diupayakan dengan membuka pelayanan di sejumlah lokasi startegis. Seperti di kelurahan, sekolah, lapas serta akan dibuka pelayanan di Taman Mangga.  ‘’Upaya ini akan terus dilakukan sampai hari pemilihan, bahkan sampai TPS ditutup. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang beralasan tidak memiliki KTP-el,’’ jelasnya.

Disdukcapil katanya, juga terus memacu percetakan. Begitu stock blangko habis, pihaknya dengan segera berkoordinasi dengan meminta blangko ke pusat.

Terkait upaya optimal yang telah dan sedang dilakukan Disdukcapil, ia mengakui kendala utama yang kerap dihadapi adalah minimnya kesadaran dan partisipasi masyarakat. ‘’Masyarakat masih menganggap hal tersebut tidak begitu penting. Meski begitu, pemerintah terus berusaha mencari cara untuk menggugah antusiasme masyarakat untuk melakukan perekaman,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *