Presiden Bagikan Belasan Ribu Sertifikat ke Masyarakat

Sumbawa, PSnews – Dihari kedua berada di Kabupaten Sumbawa, Presiden RI – Joko Widodo membagikan secara simbolis kepada 12 warga di Pulau Sumbawa pada Senin (30/7/2018) di GOR Mampis Rungan. Total sertifikat yang dibagikan tersebut berjumlah 14.850, namun yang hadir pada kegiatan tersebut hanya 1.037 sertifikat, karena keterbatasan kapasitas gedung.

Tujuan dari penyerahan sertifikat tersebut agar masyarakat mendapatkan kepastian hukum atas kepemilikan tanah mereka. Karena hampir ditiap daerah diketahui masih saja terjadi sengketa lahan. ‘’Setiap ke Desa, atau Kabupaten, Kota selalu ada saya terima laporan sengketa lahan, sengketa tanah. Karena masyarakat belum memegang tanda bukti hak. Itu bisa masyarakat dengan perusahaan, masyarakat dengan tetangga, anak dengan bapak. Kalau sudah ada sertifikat siapa yang menggugat, siapa yang mengajak bersengketa. Nama dan letaknya disini (Sertifikat) sudah jelas. Itulah gunanya sertifikat,’’ terang Jokowi – panggilan akrab Presiden.

Selain itu, pembagian sertifikat ini juga merupakan upaya pemerintahan Jokowi untuk mengejar sertifikasi terhadap 7 juta bidang tanah milik rakyat tahun 2018. Sehingga ketika sudah memegang sertifikat lahan, masyarakat diingatkan untuk menyimpan dengan baik, termasuk segera memfoto copy, agar ketika hilang atau rusak akibat bencana alam, bisa dibuatkan salinannya sesuai foto copy yang dimiliki. ‘’Pada tahun lalu, saya berpesan pada Menteri BPN, setiap tahun 500 sampai 600 ribu sertifikat tapi setelah menjabat bisa 5 juta ditahun 2017 sertifikat harus keluar, kemudian ditahun ini 7 juta, untuk ditahun depan 9 juta sertifikat,’’ tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memberikan bantuan kepada Hasan Muhammad dari Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa yang bersedia maju untuk menghafalkan Pancasila. Meski tidak bisa menyebutkan dengan sempurna, Hasan tetap diberikan hadiah yang dimintanya kepada Presiden berupa bantuan uang pelunasan pembayaran skripsi anaknya yang sedang kuliah. Selain itu, Presiden juga memberikan hadiah sepeda bertuliskan ‘Hadiah Presiden Jokowi’ kepada Sumiati warga Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes yang berhasil menyebutkan 10 nama pulau di Indonesia. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *