Zul-Rohmi Raih 68,43 persen Suara di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa, PSnews – KPU Kabupaten Sumbawa menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018. Kegiatan yang digelar Rabu (4/7/2018) berjalan aman dan lancar. Hasilnya, pasangan nomor urut 3 Dr H Zulkieflimansya SE MSc dan Dr Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah MPd (Zul-Rohmi) menang diseluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

Menurut pantauan di lokasi rapat pleno, kegiatan ini dihadiri seluruh saksi dari masing-masing pasangan calon (Paslon), Komisioner Panwas, Forkopimda, PPK, pimpinan SKPD, serta lainnya. Prosesnya berjalan lancar, aman dan damai. Walaupun ada beberapa masukan yang disampaikan Panwas kepada KPU, seperti adanya koreksi atas kekeliruan yang terjadi di lapangan.

Dari hasil rekapitulasi yang dibacakan PPK masing-masing kecamatan, terungkap kalau pasangan Zul-Rohmi menang diseluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Sementara pasangan lainnya seperti Paslon nomor urut 1 HM Suhaili SH dan H Muh Amin SH MSi (Suhaili-Amin), Paslon nomor urut 2 TGH. Ahyar Abduh dan H Mori Hanafi SE (Ahyar-Mori), serta Paslon nomor urut 4 H Ali Bin Dachlan dan TGH . L Gede Wirasakti LC MA (Ali-Sakti) belum mampu menyaingi suara yang diperoleh pasangan Zul-Rohmi.

Adapun total suara yang diraih masing-masing pasangan calon yakni,

  1. Pasangan Suhaili-Amin memperoleh sebanyak 23.786 suara atau (9,76 persen).
  2. Pasangan Ahyar-Mori sebanyak 24.706 suara (10,13 persen).
  3. Pasangan Zul-Rohmi sebanyak 166.833 suara (68,43 persen).
  4. Pasangan Ali-Sakti sebanyak 28.490 suara (11,69 persen).

Total suara sah sebanyak 243.815 suara.

Sementara tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Sumbawa pada Pilkada NTB tahun ini mencapai 75,69 persen. Dalam kegiatan itu, diumumkan pula Kecamatan dengan tingkat parisipasi pemilih tertinggi, seperti urutan 1 jatuh pada Kecamatan Moyo Utara dengan 84,86 persen, urutan ke 2 Kecamatan Moyo Hulu dengan 80,71 persen, urutan ke 3 Kecamatan Unter Iwes dengan 80,69 persen, serta urutan ke 4 Kecamatan Lenangguar dengan 80 persen.

Ketua KPU Sumbawa – Syukri Rahmat yang ditemui wartawan usai pelaksanaan pleno mengaku sangat bersyukur kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar. Sehingga agenda selanjutnya akan dilakukan rapat pleno ditingkat Provinsi NTB pada 7 hingga 9 Juli mendatang. ‘’Proses pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 di Kabupaten Sumbawa berjalan dengan sangat aman, sangat damai dan tentu hasilnya kita berharap bisa diterima oleh semua pihak. Sehingga kami sebagai penyelenggara ditingkat Kabupaten Sumbawa menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada semua pihak, terutama teman-teman penyelenggara ditingkat Kecamatan, PPS, KPPS, juga kepada mitra kami teman-teman di Panwas sampai ditingkat pengawas TPS,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *