Lokasi Pasar Ternak Bakal Dijadikan Kandang Kambing Boerka

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa ditunjuk oleh Pemerintah Pusat sebagai lokasi pengembangan kambing boerka. Meskipun program pembibitan ini bukan sepenuhnya diperuntukkan bagi Kabupaten Sumbawa, namun ada juga keuntungan yang didapat daerah atas adanya kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa – Talifuddin kepada media ini menjelaskan, pengembangan kambing boerka ini nantinya dipusatkan di lokasi yang sebelumnya ingin dijadikan pasar ternak di Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas. Karena tidak dimanfaatkan, maka lokasi itu akan dijadikan kandang bagi bibit kambing boerka yang akan didatangkan oleh Pusat. ‘’Untuk lokasi pasar ternak itu, Pusat menunjuk tempat pembibitan kambing boerka disitu kandangnya, dan disitu UPTnya nanti,’’ ujarnya.

Diungkapkan, hasil dari pengembangan kambing boerka ini nantinya bukan untuk Kabupaten Sumbawa. Melainkan untuk daerah yang ada diwilayah timur Indonesia. ‘’Tahun ini dimulai. Untuk jumlahnya kita masih belum tahu,’’ tandasnya.

Meski bukan diperuntukkan khusus bagi Sumbawa, lanjut Talif, ada keuntungan sendiri yang didapat daerah. Karena sebelum dikirim ke daerah tujuan, maka Kabupaten Sumbawa terlebih dahulu yang memanfaatkan keberadaan kambing kualitas unggul tersebut. Apalagi belum ada bibit kambing boerka di Sumbawa. ‘’Itu sudah acc (Lokasi di Sumbawa). Keuntungan kita tentu yang pertama kali menikmati. Setelah bibit berkembang, di tahun kedua itu bisa disebarkan ke kecamatan dalam daerah,’’ tukasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *