Pembangunan Bendungan Beringin Sila Segera Terwujud

Sumbawa, PSnews – Pembangunan Bendungan Beringin Sila yang berlokasi di Kecamatan Utan, sebentar lagi akan terwujud. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Konsultasi Publik dalam rangka AMDAL Bendungan Beringin Sila, di aula Kantor Kepala Desa Motong Kecamatan Utan, Kamis (25/9/2017).

Konsultasi Publik yang diprakarsai oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa dan PT. Terasis Erojaya selaku penyusun dokumen AMDAL ini dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Kepala BWS NT 1 Propinsi NTB, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kabag Pertanahan Setda Sumbawa.

Bupati Sumbawa ~ Husni Djibril 

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril berharap masyarakat mendukung berjalannya pembangunan Bendungan Beringin Sila tersebut. Sehingga apa yang direncanakan berjalan sesuai dengan rencana awal. Sebab, bendungan ini sudah dinantikan oleh masyarakat sekitar 20 tahun lalu. ‘’Manfaat bendungan Beringin Sila bukan hanya dinikmati oleh warga yang punya sawah dan lahan pertanian, akan tetapi dirasakan oleh semua masyarakat secara luas, karena bendungan ini bermanfaat pula sebagai obyek wisata,’’ tutur Bupati.

Konsultasi bendungan beringin sila

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sumbawa – L Suharmaji mengatakan, Beringin Sila ini bisa dikatakan sebagai bayi ajaib, karena seyogyanya perencanaan untuk pembangunan sebuah bendungan memerlukan waktu 5 sampai 10 tahun, namun proses – proses yang luar biasa telah dilaksanakan oleh pemerintah untuk kelancaran pembangunan.

Sementara, Kepala BWS NT 1 Propinsi NTB – Asdin menyatakan, bendungan Beringin Sila ini merupakan karunia bagi Kabupaten Sumbawa, karena memiliki manfaat yang luar biasa. Kedepan masyarakat diminta mendukung penuh pembangunan bendungan yang direncanakan akan menghasilkan air irigasi untuk lahan sekitar 4.300 Ha, sumber air baku untuk air bersih 85 liter/detik dan sumber listrik (PLTMH) 300 kw. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *