Bupati Sikapi Bencana Kekeringan di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Dalam beberapa bulan terakhir, kondisi cuaca di Kabupaten Sumbawa dan sekitarnya terbilang cukup panas, hingga menyebabkan kekeringan dan kurangnya air bersih disejumlah wilayah. Kondisi ini disikapi serius Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril.

Langkah awal yang dilakukan Bupati yakni memanggil instansi terkait untuk melakukan rapat mencari solusi terbaik terhadap masalah yang terjadi. Karena Bupati juga menilai, kondisi kekeringan saat ini cukup parah dibandingkan beberapa tahun lalu. ‘’Kering sekarang ini tidak seperti biasanya. Kalau soal kering, daerah kita ini tanah dan lahannya kering. Tapi begitu berhadapan dengan kekeringan yang model sekarang ini, kayaknya baru sekarang kita alami,’’ kata Haji Husni kepada wartawan.

Terhadap masalah ini, Bupati mengaku akan terus berupaya melayani masyarakat yang kekurangan air bersih. Walaupun sekarang masih mengalami kendala terbatasnya sarana mobil tanki air, untuk menyuplay air bersih ke warga yang membutuhkan.

Namun, lanjut Bupati, solusi jangka panjang akan dibahas lebih lanjut dengan instansi teknis. Bahkan salah satunya membangun sumur bor, seperti yang telah dibangun di dua desa di Alas Barat yakni di Labuhan Mapin dan Mapin Kebak. ‘’Memang itu kendala, untuk personel dan armada tanki air bersih. Tapi solusi jangka panjang, sebenarnya salah satu yang bisa menyelamatkan itu membangun sumur bor, seperti di Alas Barat. Nanti saya upayakan itu, dengan membangun koordinasi dan komunikasi dengan BWS untuk meminta sumur bor. Paling tidak untuk didaerah yang paling rawan atau paling parah. Tentunya kita minta untuk didata dulu daerah kekeringan itu,’’ pungkasnya.

Begitu pula Anggota Komisi II – Yasin Musamma, terhadap kondisi kekeringan dan kurangnya ketersediaan air bersih masyarakat, pihaknya berharap Pemda dapat melakukan langkah – langkah antisipasi secara bersama sama, diantaranya melakukan pembukaan pos pengaduan masyarakat dan menjalin kerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Batu Lanteh untuk dapat menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat. ‘’Upaya yang dilakukan oleh Kepolisian Resort Sumbawa yang telah menyiapkan watercanon untuk mendistribusikan air bersih  bagi masyarakat di beberapa wilayah yang mengalami kekeringan, kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya,’’ tandasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *