Lahan Dikuasai PT Pelindo, Warga Badas Gelar Demo

Sumbawa, PSnews – Warga Desa Badas Kecamatan Labuhan Badas menggelar aksi demo ke Kantor Bupati dan DPRD Sumbawa pada Rabu (6/9/2017). Aksi ini dilakukan Lantaran ada dugaan pihak PT Pelindo telah menguasai hak atas lahan dari warga setempat.

M Taufan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkar Hijau Sumbawa yang memimpin aksi menyebutkan, bahwa aksi ini dilakukan karena PT Pelindo telah mengklaim lahan dimaksud sebagai hak milik. Dia mengungkapkan, berdasarkan sertifikat yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumbawa Besar pada tahun 1978, bahwa tanah tersebut diberikan hak kelola oleh PT Pelindo, bukan sebagai tanah milik.
Untuk itu Ia bersama warga Badas mendesak Pemkab Sumbawa untuk memutuskan bahwa sertifikat hak kelola yang diberikan ke PT Pelindo agar dihentikan. Diminta pula pertanggungjawaban dari BPN Sumbawa atas sertifikat hak kelola yang diberikan ke PT Pelindo, bukan PT Pelindo harus mengklaim tanah tersebut sebagai tanah milik. “Kembalikan segera tanah hak mayarakat Desa Labuhan Badas,’’ ujarnya.

Bahkan Ia bersama warga mengancam akan melakukan pemblokiran jalan masuk ke Pelabuhan Badas, ketika tidak ada penyelesaian terhadap tuntutan yang diajukan tersebut. “Pemda harus segera merespon ini. Kalau tidak, kami akan blokir jalan masuk Pelabuhan dan kami juga akan tidur di PT Pelindo sampai enam bulan kedepan,’’ pungkasnya.

Usai menggelar aksi di kantor Bupati, massa kemudian melanjutkan aksinya ke gedung DPRD Sumbawa, untuk menyuarakan tuntutan yang sama. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *