Sudah Dikukuhkan, 52 Paskibra Siap Kibarkan Merah Putih

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 52 anggota Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra) Kabupaten Sumbawa, resmi dikukuhkan Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril, pada Selasa (15/8/2017). Dengan begitu, mereka sudah siap bertugas untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada HUT RI ke – 72 tanggal 17 Agustus 2017, dan mereka juga menurunkan bendera pada upacara penurunan Bendera Merah Putih sore harinya, di halaman kantor Bupati Sumbawa.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Sumbawa – Salahuddin Mukhtar (pakaian hitam)

Dalam laporannya Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Sumbawa – Salahuddin Mukhtar mengungkapkan, persiapan paskibraka telah dimulai dari Januari 2017 dengan melakukan seleksi langsung ke beberapa kecamatan. Dari 371 peserta yang mengikuti seleksi, akhirnya ditetapkan 52 pelajar terbaik yang terdiri dari 26 putra dan 26 putri sesuai kebutuhan formasi barisan yang telah ditetapkan Kabupaten Sumbawa. Pasukan pengibar terpisah dengan penurun bendera yang telah melakukan proses latihan persiapan sejak tanggal 26 Juli sampai 14 Agustus. ‘’Pada saat yang sama hari ini (Kemarin, red) juga ditingkat provinsi ada tiga orang peserta dari Kabupaten Sumbawa yang menjadi paskibraka Provinsi NTB,’’ terang Kak Bho panggilan akrabnya.

Sementara Haji Husni – panggilan akrab Bupati Sumbawa dalam sambutannya sempat menceritakan sedikit terkait sejarah pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih pertama kalinya  di rumah Presiden Pertama RI – Soekarno. Bendera dinaikkan pada tiang bambu oleh petugas pengibar bendera yang dipimpin Kapten Latief Hendraningrat. Bendera tersebut dikibarkan setelah Presiden membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Setelah dinaikkan, lagu “Indonesia Raya” kemudian dinyanyikan secara bersama-sama. ‘’Sepenggal sejarah kemerdekaan RI yang saya sampaikan tidak lain untuk menggambarkan bahwa begitu penting dan sakralnya tugas dari anak-anakku sekalian anggota paskibraka. Dan tugas pengibar bendera pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 ini akan lebih bermakna apabila kita pandai mengambil hikmah dari kemerdekaan itu sendiri, sehingga kita dapat melestarikan dan menanamkan nilai-nilai perjuangan yang telah melahirkan proklamasi kemerdekaan, terutama kepada generasi muda sebagai ahli waris dan sekaligus pewaris perjuangan kepada generasi berikutnya,’’ tuturnya.

Bupati berharap, momentum HUT ke-72 Proklamasi kemerdekaan ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang kemudian secara bersama-sama dan bahu-membahu menata bangsa dan negara ini menuju masa depan yang lebih baik. ‘’Mari kita mantapkan diri kita menjadi manusia Sumbawa yang berdaya saing, mandiri  dan berkepribadian menuju Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat untuk Masa Depan Bangsa yang lebih baik,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *