Pramuka Diharap Mampu Membentuk Karakter Kaum Muda

Sumbawa, PSnews – Dalam peringatan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017, para anggota Pramuka diharap dapat lebih mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik. Sehingga dapat menjadi warga negara yang bertanggung jawab serta calon pemimpin bangsa yang lebih handal pada masa depan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sumbawa – H. Mahmud Abdullah dalam amanatanya saat memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke 56 di RTH Taman Kerato Senin (14/8/2017). Menurutnya, gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan Pramuka menjadi wadah bagi sebuah gerakan untuk membentuk watak, karakter, dan kepribadian nasional generasi muda bangsa. Sebagai kegiatan ekstra kurikuler di luar sekolah, Pramuka merupakan tempat untuk menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan  membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya. ‘’Di organisasi gerakan Pramuka ini, kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, kita belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain. Semuanya itu menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka. Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara,’’ tutur Haji Mo.

Upacara peringatan Hari Pramuka ke 56 di RTH Taman Kerato Sumbawa Besar

Melalui pendidikan kepramukaan ada proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan ada transformasi yang dapat menumbuhkembangkan karakter positif, serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik. Esensinya adalah pendidikan yang baik tidak hanya sekedar memberikan ilmu pelajaran saja kepada generasi muda, tetapi yang lebih penting adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan perilaku seseorang agar menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. ‘’Melalui kegiatan ini, saya mengajak kepada kita semua baik di tingkat cabang, ranting maupun yang berada di gugus depan untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan dalam pembentukan karakter kaum muda kita, serta meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa yang merupakan wujud dari upaya kita bersama mewariskan hal terbaik bagi bangsa,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *