RSMA Pulau Sumbawa Bakal Layani Pemeriksaan Kesehatan CTKI

Sumbawa, PSnews – Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Pulau Sumbawa telah memasukkan usulan ke Kementerian Kesehatan, agar bisa menjadi Rumah Sakit tempat pemeriksaan para calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) yang ada di Pulau Sumbawa.

Hal itu disampaikan Direktur RSMA Pulau Sumbawa – dr H Syamsul Hidayat kepada media ini Selasa (6/6/2017). Tim dari Kementerian Kesehatan akan melakukan peninjauan ke RSMA Pulau Sumbawa. Untuk memastikan apakah rumah sakit ini layak atau tidak dijadikan tempat pemeriksaan para CTKI yang akan bekerja ke luar negeri. ‘’Kita yang usulkan untuk bisa dijadikan rumah sakit tempat pemeriksaan TKI,’’ terangnya.

Dilanjutkan, dari segi tenaga kesehatan di RSMA Pulau Sumbawa sudah cukup siap. Untuk tenaga laboratorium radiologinya sudah siap, begitu pula dengan peralatannya yang sudah lengkap. Kemudian tenaga dokter spesialis juga sudah siap, ada ada dokter penyakit dalam, jantung, mata, saraf, radiologi, patologi klinik, jiwa, anestesi, emergency, serta lainnya.

Apalagi, kata dokter Syamsul, RSMA sudah menerapkan pengelolaan dan pelayanan Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) sejak Januari lalu. Ditambah lagi persiapan untuk stasus Rumah sakit type B, dimana sejumlah alat sudah diusulkan untuk penambahan. ‘’Yang paling utama untuk penanganan CTKI itu adalah dokter jiwa, penyakit dalam, jantung, mata dan saraf. Jadi TKI yang bekerja ke luar negeri itu betul-betul sehat menurut pandangan di ilmu kedokteran,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *