Peringati HKBN, MDMC Sumbawa Gelar Apel

Sumbawa, PSnews – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Kabupaten Sumbawa menggelar apel di lapangan SMA Muhammadiyah Sumbawa, Rabu (26/04). Apel diikuti oleh unsur dari BPBD Sumbawa, PMI, Pramuka, seluruh Ortom Muhammadiyah seperti PDM, Aisiyah, Pemuda Muhammadiyah, Lasizmu, Tapak Suci, Klinik Muhammadiyah, IPM, serta para siswa sekolah setempat.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris PDM Muhammadiyah Sumbawa, Hisbullah menyampaikan amanat PDM Muhammadiyah Pusat yang mengatakan bahwa warga Muhammadiyah sebagai bagian dari warga indonesia memiliki kepedulian terhadap pentingnya kesiapsiagaan terhadap bencana. Kepedulian terhadap sesama terutama yang terkena dampak bencana wajib ditumbuhkan baik melalui sumbangan dana, barang, maupun sumbangan tenaga melalui relawan. “Melalui momentum HKBN tersebut, sekaligus mengucapkan ikrar untuk terus menerus membangun dan menjaga kesiapsiagaan terhadap bencana pada siswa Muhammadiyah dengan mengenali lingkungan untuk mengetahui resiko bencana yang ada,” ujar Hisbullah pada media ini.
Selain itu, untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi darurat bencana melalui peningkatan pengetahuan serta tindakan – tindakan penyelamatan.
Sumanto

Ketua MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Sumbawa, Sumanto yang ditemui usai kegiatan apel HKBN mengatakan bahwa kegiatan ini digelar secara serempak oleh Muhammadiyah di seluruh indonesia. Sejak terbentuknya MDMC secara nasional pada 2007 yang lalu dengan nama awal Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah, telah banyak berkontribusi di bidang kebencanaan. “Namun di Kabupaten Sumbawa baru dikukuhkan pengurusnya pada bulan Maret 2017. Di Kabupaten Sumbawa sudah terbentuk desa binaan MDMC yakni di Dusun Ai Bari dan Desa Kuken di Kecamatan Moyo Utara,” papar Anto sapaan akrab Sumanto.

Sebelum digelar apel puncak HKBN, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial di sepanjang pantai Ai Bari serta melaksanakan Raker, serta bakti sosial di sepanjang bantaran sungai Kelurahan Bugis Sumbawa.
Meski keberadaan MDMC tergolong baru, namun kiprahnya telah banyak seperti membantu warga pada kebakaran yag terjadi Desa Lenangguar sekaligus memberikan santunan, ikut terlibat pada kejadian banjir bandang yang menerjang sejumlah kecamatan di Sumbawa, pemberian kepada anak – anak dan warga kurang mampu. “Kedepan kami siap berkordinasi dengan berbagai instansi terkait di bidang penanggulangan bencana,” ucap Anto. (PSj)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *