Bakal Dibangun RTH, Belasan Kios di Utan Digusur

Sumbawa, PSnews – Berdiri di tranah negara, sedikitnya 14 kios pedagang di sekitar Lapangan KONI Kecamatan Utan digusur oleh Pemerintah Kabupaten. Menurut rencana, di tempat itu akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang juga dilengkapi dengan kios pedagang.

Pedagang tampak lesu menyaksikan lapaknya rata dengan tanah

Terhadap hal itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa – Abdul Rafiq mengaku sebelum pembongkaran dilakukan, Komisi II juga sudah beberapa kali melakukan hearing bersama Camat dan instansi terkait. Memang pada saat hearing pertama dilakukan, belum diputuskan langkah-langkah apa yang akan ditempuh. Karena Komisi II saat itu belum mengetahui kondisi lapangan seperti apa. Dan ketika diketahui kalau kios yang ada dibangun permanen dan diatas tanah negara, maka diambil kesimpulan agar Pemda melakukan rencana pembangunan RTH. “Teman-teman Komisi menyimpulkan bahwa tetap Pemda melakukan aksi sesuai kesepakatan awal, yaitu dilakukan pembongkaran sampai batas waktu terakhir 25 Maret 2017. Makanya kemarin dilakukan pembongkaran,’’ jelas wakil rakyat dari fraksi PDIP ini.

Pasca pembongkaran ini, Komisi II juga telah menerima kunjungan dari para pedagang setempat. Kepada anggota Dewan mereka mengaku bingung akan berjualan dimana, sebab Pemda tidak menyediakan lokasi sementara untuk berjualan. “Pasca pembongkaran, kami juga kedatangan dari teman-teman dua hari lalu, mereka meminta kejelasan akan ditempatkan di mana,’’ ujar Rafiq pada wartawan Rabu (29/3/2017).

Dalam pertemuan itu, solusi jangka panjang yang ditawarkan yakni, sebanyak 14 pedagang yang kiosnya dibongkar akan diprioritaskan untuk menempati kios yang dibangun bersamaan dengan RTH. Sementara untuk solusi sementara ini, pihaknya pun belum mengetahui pasti. Namun yang jelas, Komisi II akan mengkomunikasikan ini dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Sumbawa. “Ketika RTH itu sudah dibangun, mereka yang akan kami prioritaskan untuk berdagang di lokasi RTH itu. Untuk sementara kita juga belum tau mau ditempatkan di mana. Tapi kita akan berkomunikasi dengan Diskoperindag, mungkin ada solusi untuk membantu mereka,’’ tukasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *