LATS Akan Laksanakan 40 Rekomendasi Mudzakarah Rea

Sumbawa, PSnews – Pasca dilantik di Istana Dalam Loka, Sumbawa Besar, Sabtu (18/03/2017), pengurus baru Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Sumbawa bertekad untuk melaksanakan 40 rekomendasi Mudzakarah Rea yang ditetapkan Desember 2016 lalu. Ketua LATS Sumbawa, Ir. H. Iskandar M.Ec D.Ev yang dikonfirmasi usai pelaksanaan Pelantikan memaparkan, ada 40 rekomendasi Muzakarah Rea yang harus dipikirkan, ditangani dan semoga dapat direalisasi. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melaksanakan 40 rekomendasi tersebut yakni penyamaan persepsi dari semua Pajatu Adat yang dipimpinnya, sebab bagaimanapun jika tidak memiliki persepsi yang sama dari semua unsur – unsur yang ada maka roda organisasi akan melambat. “Dari 40 rekomendasi tersebut, akan dikelompokkan atau dipilah – pilah terhadap apa yang dahulu dikerjakan secara bersama. Mana yang harus dilakukan secara bertahap, itu akan kami cermati,” terang Iskandar.

Iskandar (kiri) dan Syukri Rahmat

Baca juga : Inilah 40 Rekomendasi Mudzakarah Rea Lembaga Adat Tana Samawa

Di tempat yang sama, Sekretaris Majelis Adat LATS Sumbawa, Syukri Rahmat menjelaskan bahwa pengurus LATS yang dulu berbeda dengan yang baru dilantik. Struktur pengurus LATS yang baru terdapat Lembaga Baru yakni Dewan Kehormatan Adat. Meski demikian secara umum struktur kepengurusan yang sekarang jauh lebih ramping dibanding yang dulu. “Dulu pengurus LATS berjumlah sekitar 700 orang, kini menjadi 99 majelis adat. Pajatu Adat ada 9 bidang yang dulunya 14 bidang. Artinya tidak terlalu bengkak dan lebih efektif. Selain itu dalam kepengurusan struktur yang baru ini terdapat sejumlah tokoh-tokoh muda yang diakomodir untuk ikut terlibat,” papar Syukri.

Disamping kepengurusan tersebut, terdapat Pariwa Adat (Pemangku Adat) yakni Drs Abdul Rahman atau Datu Mas Mira yang merupakan anak dari Datu Ranga di Bala Karang Pekat Sumbawa. Sedangkan Pariwa Adat untuk Kamutar Telu Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dijabat oleh DR. KH. Lalu Zulkifli Muhadli, SH.,MM. “Kami telah berkomitmen untuk menjaga marwah adat Tana Samawa dan berharap agar kepengurusan LATS yang baru dapat bekerja maksimal, karena kami sadari LATS Sumbawa sangat luar biasa dan menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus yang baru dilantik”, tandas Syukri. (PSj)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *