Bantuan Bibit bagi Petani Korban Banjir Segera Terealisasi

Sumbawa, PSnews – Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa sudah memegang data para petani yang menjadi korban banjir pada beberabulan Februari lalu. Dalam waktu dekat, mereka yang terkena dampak ini akan diberikan bantuan bibit dari Pemerintah.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pertanian Sumbawa – Abdul Murad kepada media ini. Total keseluruhan lahan yang terkena dampak banjir yakni 2.224,43 hektare. Masing-masing petani yang menjadi korban akan diberikan 25 kg perhektar. Saat ini sedang dalam proses pengadaan. “Bantuan 25 kg per hektar itu standar jumlah kebutuhan benih satu hektare,’’ terangnya.

Diungkapkan, bantuan ini akan segera terealisasi. Nanti Kementerian Pertanian akan menunjuk salah satu BUMN untuk menyalurkan benih itu. Kemudian BUMN yang terpilih akan menjalin kerjasama dengan penangkar yang ada di daerah. “Di akhir Maret untuk penyalurannya, karena kita masih fokus penyalurannya di awal semester satu atau April,’’ paparnya.

Menurutnya, para petani yang terdampak banjir ini tidak ada yang masuk dalam asuransi usaha tani. Terhadap adanya asuransi ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke para petani. “Ada asuransi usaha tani. Yang kena ini belum ada yang masuk dalam asuransi. Kita akan sarankan ini kepada petani. Karena asuransi ini juga ada targetnya,’’ demikian Murad. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.