Ansitisipasi Bencana, Sumbawa Butuh Pemasangan Radar Cuaca

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa nampaknya membutuhkan pemasangan radar cuaca yang dapat memberikan informasi dini terkait kondisi cuaca. Pengadaan radar cuaca tersebut dirasa peting, untuk mengantisipasi terjadinya bencana seperti banjir bandang yang disebabkan oleh tingginya curah hujan. Sementara saat itu Sumbawa masih mengandalkan informasi cuaca dari daerah tetangga.

Dalam siaran pers yang diterima Pulau Sumbawa News Minggu (19/2/2017), Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa – M Lutfi Makki menyatakan, Wakil Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah memandang penting dan mendesak pemasangan radar cuaca di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa. Adanya radar cuaca tersebut dapat memberikan informasi cuaca secara cepat dan lebih akurat, sehingga bisa melakukan peringatan dini dalam mengantisipasi korban bencana alam. ‘’Oleh karena itu, Wabup atas nama Pemkab Sumbawa sangat mendukung langkah Kepala Stasiun Meteorologi Sumbawa untuk mengusulkan pemasangan radar cuaca tersebut kepada BMKG Pusat,’’ tuturnya.

Sejauh ini, Kabupaten Sumbawa masih mengharapkan bantuan radar cuaca yang berada di Bandara Bima maupun Lombok. Dengan begitu, lambatnya penerimaan informasi terkait cuaca ini menjadi salah satu faktor kurangnya kewaspadaan. Sehingga untuk menunjang langkah pengadaan radar cuaca di Kabupaten Sumbawa, Wabup telah bersurat ke Kepala BMKG Pusat maupun ke Gubernur NTB untuk memperoleh dukungan.

Sebelumnya, Kepala Statsiun Meteorologi Klas III Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa Hendriyanto pada 10 Februari lalu telah melayangkan surat ke Bupati Sumbawa dengan Nomor UM.001/055/SBW/II/2017, yang isinya permohonan dukungan pemasangan radar cuaca di Kabupaten Sumbawa. Dengan adanya radar cuaca tersebut maka Stasiun Meteorologi Sumbawa dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam hal peringatan dini dibidang cuaca, sehingga dapat membantu stakeholder untuk mengambil kebijakan dalam bencana alam. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.