Khofifah : Bansos untuk Kabupaten Sumbawa tahun 2017 Rp73,692 M

Sumbawa, PSnews – Menteri Sosial (Mensos) RI Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan sosial kepada sejumlah warga Kabupaten Sumbawa, terutama yang terdata sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) dalam beberapa program yang dijalankan Kementerian Sosial (Kemensos). Pemberian bantuan itu dilakukan dalam kunjungannya pada Sabtu (21/1/2017).

Setelah mendarat di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III, Mensos Khofifah bersama rombongan langsung disambut Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa M Husni Djibril dan Mahmud Abdullah bersama jajarannya. Setelah itu menuju ke Wisma Daerah untuk mengikuti kegiatan Penyerahan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Anak, Penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia.

Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Anak, Penyandang Disabilitas, dan Lanjut Usia.

Dalam kata sambutannya, Bupati mengungkapkan kondisi umum Kabupaten Sumbawa. Mulai jumlah penduduk, luas wilayah serta lainnya. Bahkan Bupati juga berharap agar program Kemensos dapat segera terealisasi di Kabupaten Sumbawa.’’Terima kasih atas bantuan bu Menteri kepada masyarakat Sumbawa,’’ paparnya.

Mensos Khofifah menyapa masyarakat

Sementara Mensos Khofifah dalam kesempatan itu berinteraksi langsung dengan para masyarakat yang hadir. Dalam suasana penuh keakraban tersebut, Mensos sempat melakukan tanya jawab bersama para masyarakat yang juga merupakan KPM dari program PKH di Kabupaten Sumbawa. “Jadi itu gunanya PKH supaya ketika putra putrinya ibu sekolah ada tas yang robek, minta ganti. Uang ini adalah untuk membantu sekolah. Jadi kalau hari ini ada bapak-bapak, saya harus sampaikan pesan Presiden, bahwa bantuan PKH tidak boleh untuk beli rokok. Bantuan PKH adalah untuk menambah kebutuhan sekolah,” tandas Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga berdialog langsung dengan para ibu. “Ibu-ibu adakah yang sekarang sedang hamil atau memiliki bayi balita? Kalau sedang hamil atau sedang punya bayi atau juga punya balita, maka uang bantuan PKH untuk tambah gizi anaknya. Kalau anaknya sekarang sudah SMP atau SMA, pesannya bapak Presiden, bantuan PKH tidak boleh dipakai untuk beli pulsa,’’ sentil Khofifah disambut tawa hadirin.

Sebelumnya Mensos Khofifah memberikan bantuan langsung kepada penyandang disabilitas, para lanjut usia (Lansia) serta kepada sejumlah anak-anak yang masuk program kesejahteraan sosial anak (PKSA). Untuk diketahui, bantuan sosial bagi Kabupaten Sumbawa untuk tahun 2017 sebesar Rp 73,692 miliar. Hal itu untuk sejumlah program Kemensos yang dijalankan di Sumbawa. Seperti PKH dengan jumlah penerima sebanyak 13.812 keluarga dengan bantuan sekitar Rp 26,104 miliar. Bantuan sosial PKSA untuk 240 anak sekitar Rp 48 juta, bantuan sosial lanjut usia bagi 40 jiwa sekitar Rp 80 juta, serta lainnya. “Kami harapkan ini akan berseiring dengan upaya pemandirian ekonomi yang sedang dilakukan oleh Pemkab Sumbawa. Yang kita lakukan ini bagian dari perlindungan sosial. Pada saat tertentu mereka sudah harus mendapatkan pemberdayaan ekonomi sehingga bisa mandiri. Ini untuk program PKH,’’ ujar Menteri kepada wartawan. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *