Diduga Terjadi Pungli Retribusi Wisata Pantai Batu Gong

Sumbawa, PSnews – Upaya Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk memberantas pungutan liar (Pungli) melalui pembentukan Satgas sapu bersih (Saber) pungli tampaknya belum berjalan efektif alias masih mandul. Ini ditandai dengan masih terjadinya dugaan praktek pungli pada penarikan retribusi parkir di tempat wisata pantai Batu Gong, Kecamatan Labuhan Badas.
Pengunjung yang menggunakan sepeda motor dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 tanpa diberikan karcis oleh petugas. Ketika ada pengunjung yang meminta karcis, oknum petugas mengatakan karcis warna hijau yang tertera tulisan ‘retribusi tempat rekreasi Rp 2.000’ hanya diberikan kepada pengunjung yang menggunakan mobil. “Kami bayar Rp 5.000, tapi tidak dikasih karcis,’’ keluh seorang pengendara mobil – Agus kepada Pulau Sumbawa News Minggu (4/12/2016).

Hal berbeda terjadi pada lokasi wisata Pantai Saliper Ate, dimana petugas penjaga pintu masuk memberikan karcis kepada pengunjung dan retribusinya pun dibayar sesuai yang tertera pada karcis dimaksud. Sementara untuk lokasi wisata Pantai Goa, tidak ada petugas yang berjaga. Bahkan dipintu masuk ada tertera tulisan kalau kawasan tersebut bebas retribusi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa – Khairuddin menyatakan, terkait hasil pembahasan bersama Disporabudpar, pihaknya mendorong Pemda agar membentuk Satgas  yang dapat memantau efektifitas penarikan retribusi. Hal tersebut penting agar ada kejelasan dalam memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.
“Untuk menghindari terjadinya kebocoran penarikan retribusi di lokasi wisata dan fasilitas olahraga dan kesenian, kami Komisi IV mendorong sepenuhnya Pemerintah Daerah untuk membentuk Satgas,’’ tandasnya.

Sementara pada RAPBD 2017 yang disampaikan Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdulah beberapa waktu lalu, Retribusi Daerah ditargetkan sebesar Rp 16,822 miliar. Jumlah tersebut berkurang sekitar Rp 1,634 miliar dari target APBD 2016. “Termasuk soal pungli, kita sekarang ini sedang mempersiapkan untuk membentuk Satgas Saber Pungli. Berbagai bidang akan ditangani dalam satgas ini,’’ pungkas Wabup saat sidang paripurna lalu. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *