Inilah Hasil Reses Anggota DPRD Sumbawa Nopember 2016

Sumbawa, PSnews – Anggota DPRD Sumbawa menggelar sidang paripurna terkait laporan hasil reses di tiap Daerah Pemilihan (Dapil) yang telah dilakukan. Umumnya para anggota menerima aspirasi masyarakat terkait bidang fisik, ekonomi, sosial budaya (Sosbud) dan kesehatan. Sidang paripurna digelar Jumat (11/11/2016), dipimpin Ketua DPRD Sumbawa – L Budi Suryata, didampingi Wakil Ketua – A. Rahman Alamudy dan Kamaluddin ini, dihadiri Sekda Sumbawa – H Rasyidi, serta sejumlah Kepala SKPD.

Berikut aspirasi dari masing-masing Dapil :

  1. Aspirasi dari Dapil I yang dibacakan oleh Budi Kurniawan memaparkan, cukup banyak aspirasi masyarakat di bidang fisik di wilayah Dapil I seperti pembangunan dan penambahan gedung sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan dan rehab jalan usaha tani dan deker, dan lainnya. Bidang ekonomi meliputi pengadaan alat pertanian, pengadaan hewan ternak, perikanan, pengadaan bibit dan mesin untuk tambak, benih berkualitas, dan lainnya. Serta bidang pendidikan, sosial budaya dan kesehatan meliputi penertiban Perda tentang jam acara masyarakat dan jam sekolah, pembangunan tembok dan lokal sekolah,¬†pembangunan dan rehab gedung sekolah, pembangunan tempat ibadah, pengadaan Al Qur’an, ¬†renopasi cagar budaya.
  2. Aspirasi dari Dapil II – yang dibacakan oleh H Mustajabuddin, menyebutkan, keinginan masyarakat di bidang fisik meliputi pembangunan jembatan, peningkatan jalan produksi, pembangunan bronjong, pemasangan talud, pembuatan sumur bor, serta lainnya.
    Bidang ekonomi meliputi pengadaan benih berkualitas, pupuk bersubsidi, pembangunan jaringan listrik dan pembangunan jaringan telekomunikasi, penambahan armada/mobil pemadam kebakaran agar bisa ditempatkan di tiap kecamatan.
    Kemudian bidang pedidikan, sosial budaya dan kesehatan meliputi penambahan alat kesehatan Rumah Sakit, Puskesmas, dan Postu. Pembuatan kartu BPJS untuk masyarakat miskin, pemberian penanganan khusus bagi penyandang cacat dan orang yang mengalami gangguan kejiwaan.
  3. Aspirasi dari Dapil III yang dibacakan oleh Hamzah Abullah.
    Di bidang fisik seperti pembangunan dermaga, pembangunan puskesmas, tambatan perahu dan pemasangan batu pemecah ombak serta pagar tembok.
    Bidang sosial seperti, perbaikan rumah ibadah baik masjid ataupun musholla. Serta bidang ekonomi berupa pengadaan ternak dan pengadaan alsintan.
  4. Aspirasi dari Dapil IV dibacakan oleh Basaruddin mengungkapkan aspirasi masyarakat bidang fisik berupa infrastruktur jalan, jembatan, bendungan/cekdam, normalisasi tebing pengaman pantai dan sungai, jaringan irigasi.
    Bidang ekonomi meliputi penguatan lembaga UMKM, ketersediaan pupuk pestisida dan bibit unggulan, program cetak sawah baru, penguatan kelembagaan kelompok tani dan kelompok peternak. Bidang sosial budaya meliputi pengadaan meubeler, pemagaran TPU, penguatan kegiatan keagamaan, pemetaan potensi wisata dan situs cagar budaya.
  5. Aspirasi dari Dapil V dibacakan oleh Khairuddin, membeberkan tentang pentingnya pengelolaan RTH hendaknya dipelihara secara berkelanjutan.
    Maraknya aksi ilegal loging di beberapa kecamatan agar menjadi perhatian serius Pemerintah dan penegak hukum. Persoalan tata kelola sampah agar dapat menjadi perhatian serius pemerintah dikarenakan masih ada lokasi-lokasi tempat pembuangan sampah ilegal atau tidak diangkut oleh petugas. Dalam hal ini diharapkan kepada pemerintah agar selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Persoalan tindak lanjut penataan pasar seketeng.
    Terhadap pemadaman listrik bergilir yang tidak terjadwal atau tanpa pemberitahuan sebelumnya yang dilakukan oleh PLN hendaknya dapat segera disikapi karena hal ini sangat merugikan pelanggan. Selanjutnya pemerintah daerah dapat mendorong percepatan pembangunan pembangkit listrik baru. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *