Penggunaan ADD di Kecamatan Lopok Fokus di Fisik

Sumbawa, PSnews – Pelaksanaan pembangunan di seluruh desa di Kecamatan Lopok masih terus belangsung. Penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) lebih difokuskan ke program fisik. Hingga saat ini rata-rata sudah mencapai 60 persen.

Demikian disampaikan Camat Lopok – Abdul Arief kepada wartawan Jumat (21/10/2016). Ia mendorong seluruh Kades diwilayahnya untuk segera melakukan berbagai penyesuaian. Mengingat, masih ada 40 persen lagi program fisik yang harus diselesaikan.

Diungkapkan, berbagai program fisik sedang dilaksanakan. Seperti pengerjaan rabat beton di gang-gang desa, perbaikan drainase, pengerjaan jalan usaha tani, sumur bor serta berbagai kegiatan fisik lainnya. Sehingga kedepan, sisa anggaran yang ada lebih difokuskan pada penyelesaian program yang sudah direncanakan sebelumnya. Sebab ada kebijakan pusat terkait pemotongan anggaran ADD, sehingga  harus segera merubah APBDesa. ‘’Kalau tidak dilaksanakan, maka bisa menjadi faktor penghambat pencairan ADD tahap ke II,’’ tukasnya.

Menurutnya, untuk mengejar ketertinggalan tersebut, perlu adanya kebersamaan, kekompakan, kekeluargaan, dengan menempuh langkah musyawarah mufakat.  Selain itu desa juga diharapkan segera merampungkan perubahan APBDes sesuai arahan tim evaluasi, dimana harus segera diselesaikan sehingga sisa dana 40 persen segera dapat dicairkan.

Ditambahkan, peran pendamping desa dinilai masih belum menguasai, namun kinerjanya sudah terbilang cukup ulet. Sebab ada forum yang menilai kinerja pendamping desa. Pihaknya menyesalkan tindakan kepala desa yang memberhentian Sekdes Lopok Baru, padahal syarat untuk memberhentikan harus ada koordinasi dengan camat, ke depan ini yang harus menjadi perhatian semua pihak. Sehingga  roda pemerintahan dapat berjalan sesuai harapan semua pihak. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *