Bupati Dorong Peningkatan Kinerja Birokrasi

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril terus mendorong jajarannya untuk meningkatkan kinerja. Apalagi sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Sumbawa saat ini telah memiliki nahkoda baru, menyusul telah dilakukannya mutasi beberapa hari lalu.

Dalam upacara paripurna yang digelar Senin (17/10/2016) di halaman kantor Bupati Sumbawa, Bupati terus memupuk jajarannya untuk meningkatkan kinerjanya, terutama dalam hal pelayanan yang baik kepada masyarakat.
“Saya selalu memberikan motivasi kepada saudara-saudara sekalian agar memiliki inisiatif, kaya inovasi, kuat dalam hal integritas dan berprestasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. Sehingga keberadaan kita semua dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,’’ tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati berjanji untuk tidak memandang sebelah mata atas apa yang dikerjakan jajarannya. Bupati menyatakan akan terus mengamati, mencatat, menilai, sehingga pada saatnya nanti akan memberikan penghargaan atau reward kepada Aparat Sipil Negara (ASN) yang mampu mengemban amanat rakyat dan akan memberi sanksi kepada ASN yang menghianati kepercayaan rakyat.

“Sebagai ikhtiar untuk mewujudkan harapan, komitmen dan janji-janji tersebut, sepekan yang lalu saya telah melaksanakan kegiatan mutasi perdana. Mutasi tersebut bertujuan untuk memberikan darah segar bagi sebagian besar SKPD terutama pada jajaran eseleon II dan eselon III. Mutasi yang telah dilaksanakan juga menjadi salah satu bentuk persiapan agar regulasi yang kita miliki terkait dengan pembentukan perangkat daerah yang baru dapat berjalan optimal mulai dari tanggal 1 Januari 2017 mendatang,’’ papar Bupati.

Diungkapkan, saat ini sudah masuk triwulan terakhir pelaksanaan APBD tahun 2016. Tiga bulan ke depan adalah waktu yang sangat padat karena harus merampungkan berbagai agenda yang masih tersisa. “Pejabat baru dan yang masih menjabat pada posisi semula saya instruksikan agar fokus melakukan akselerasi dengan penuh kecermatan untuk merampungkan berbagai program dan kegiatannya. Update terus realisasi fisik dan keuangan berbagai kegiatan bila perlu langsung turun ke lapangan untuk memastikan target kinerja kegiatan dari sisi input, output, outcome dapat tercapai. Di samping itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan dokumen perencanaan baik Renstra, Renja maupun RKA harus juga dituntaskan sehingga kita bisa menetapkan APBD 2017 paling lambat satu bulan sebelum berakhirnya tahun anggaran 2016 sebagaimana perintah peraturan perundangan. Jangan lupa untuk juga mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan pedoman kerja perangkat daerah yang baru seperti standar pelayanan dan standar operasi dan prosedur. Saya tidak ingin ada waktu, walau sehari sekalipun kita bekerja tanpa pedoman dan standar yang jelas,’’ tegasnya.

Dalam upacara tersebut, turut hadir Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah, Sekda Sumbawa – H Rasyidi, Dandim 1607 Sumbawa, perwakilan Polres Sumbawa, para Kepala SKPD, dan jajaran Pemkab Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *