TMMD Tahun ini Dipusatkan di Desa Baru Tahan

Sumbawa, PSnews – Kegiatan tahunan bagi TNI yakni Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 kembali terlaksana. Tahun ini, khusus di Kabupaten Sumbawa pelaksanaannya terpusat di Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara. Pembukaannya digelar pada Selasa (20/9/2016) di lapangan bola setempat.

Inspektur upacara, Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah yang membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana menyebutkan, program TMMD merupakan solusi bagi Pemerintah dalam percepatan pembangunan dalam membangun daerah yang masuk dalam kategori daerah terpencil. Kegiatan ini diselenggarakan di seluruh Indonesia, dengan melibatkan lintas sektoral dan lintas komponen bangsa yang merupakan bagian dari OMSP dan Bhakti TNI.

Dilanjutkan, tumbuhnya semangat kerja sama gotong royong dan kekeluargaan di masyarakat dalam membangun desanya bersama TNI dan lintas sektoral. Diharapkan dalam kegiatan yang berlangsung selama 30 hari ini bisa memberikan hasil yang maksimal. “Harapan dari hasil TMMD dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,’’ terangnya.

Sementara Dansatgas TMMD ke-97 – Letkol Arm Sumanto dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama 30 hari, mulai 20 September hingga 19 Oktober 2016. Tujuan TMMD untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik, serta memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Diungkapkan, sasaran fisik dari program ini yaitu dilaksanakan di Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara. Yakni pembangunan jalan usaha tani, pembuatan saluran irigasi sawah, pembuatan saluran drainase sawa, pembangunan gedung sekolah, serta pembuatan satu buah duicker jalan usaha tani.

Kemudian untuk program non fisik, seperti penyuluhan bidang agama, penyuluhuhan bidang kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan bidang pertanian dan perkebunan, penyuluhan bidang hukum dan berbagai penyuluan lainnya. “Yang menyampaikan materi penyuluhan ini langsung dari masing-masing instansi terkait,’’ tuturnya.

TMMD ini dimulai ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sumbawa didampingi sejumlah tamu undangan lainnya. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kasilog Korem 162/WB Letkol Inf Suparman,  Dandenhub Mayor CHB Raras, para Pimpinan DPRD Sumbawa, Wakapolres Sumbawa, Kompol. Yuyan Priatmaja, Kasi Intel Kejari Sumbawa Erwin Indrapraja, sejumlah pejabat lingkup Setda Sumbawa dan masyarakat. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *