Tambang Emas Illegal ‘Telan’ Korban Anggota TNI

Sumbawa, PSnews – Tambang emas illegal di wilayah bukit Kokar Dalap Desa Juranalas Kecamatan Alas telah menelan seorang korban jiwa. Korbannya bukan masyarakat biasa, melainkan anggota Koramil Alas Kopral Dua Lalu Rohandi (34) yang sedang bertugas melakukan pemantauan Kamtibnas. Sebelum meninggal dunia korban sempat dirawat beberapa saat di Puskesmas setempat.

Informasi ini diperoleh dari Kasubag Humas Polres Sumbawa IPTU Waluyo Kamis (28/04/2016).
Kronologis kejadian :
– Pada hari Selasa 26 April 2016 sekitar pukul 15.00 wita korban bersama rekannya Kopral Dua Lalu Wahyu berangkat menuju lokasi tambang emas tradisional yang terletak di perbukitan Kokar Dalap Desa Juranalas, Kecamatan Alas.
– Dua anggota TNI AD ini tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 wita.
– Dua jam kemudian atau pukul 19.00 wita korban dan rekannya makan malam.
– Lalu sekitar pukul  21.15 wita korban berbaring di bawah pohon di lokasi tambang emas.
– Pada pukul 22.00 wita korban memberitahukan rekannya bahwa tubuhnya mengalami kejang di bagian sebelah kanan.
– Kemudian pada pukul 01.00 wita kondisi tubuh korban sempat pulih dan bisa digerakkan hingga pagi hari sekitar pukul 09.00 wita.
– Sekitar pukul 11.00 wita tubuh korban kembali mengalami kejang di bagian sebelah kanan dan diobati oleh masyarakat yang kebetulan berada di sekitar pertambangan, namun tidak berhasil.
– Sekitar pukul 12.15 wita korban dibawa turun menggunakan tandu oleh rekan korban bersama masyarakat dan juga Kapolsek Alas – KOMPOL  M. Jafar beserta anggota yang kebetulan saat kejadian melaksanakan giat Himbauan Kamtibmas terhadap para penambang emas.
– Pukul 14.00 wita korban tiba di Puskesmas Alas dalam kondisi tidak sadarkan diri, keluar busa dari dalam mulutnya, tubuh lemas, demam, anggota tubuh sebelah kanan tidak bisa digerakkan.
Dari catatan polisi, tindakan yang diambil pihak Puskesmas Alas saat itu antara lain, memasang infus dan 02 5 liter, cek tensi darah saat korban tiba 150/90 mmhg denyut nadi 72 x/menit, suhu tubuh 36′ C, respirasi : 18 x/m.
– Pada pukul 16.00 wita korban dinyatakan meninggal dunia.
Selanjutnya korban dibawa pulang ke kampung halaman di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan Ambulance Puskesmas Alas disertai pengawalan dari Kodim 1607 Sumbawa. (PSc)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *