Peserta AUYS 2016 Disambut Sultan Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Para peserta Asean Youth Summit (AUYS) atau Konferensi mahasiwa se ASEAN tahun 2016 secara simbolik disambut hangat oleh Sultan Sumbawa, Muhammad Kaharuddin IV, Minggu (23/01/2016) malam di Istana Dalam Loka, Sumbawa Besar. Pembukaannya sendiri akan digelar Senin (25/01/2016) di aula lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Begitu memasuki area Istana Dalam Loka, para peserta dari berbagai Negara ASEAN terlihat sumringah dan kagum dengan sambutan yang disuguhkan panitia.

penyambutan peserta AUYS 2016Para penabuh ratib rebana rea dan penari tradisional Sumbawa yang menyambut mereka dengan Tari Nguri sebagai tarian yang dikhususkan untuk menyambut tamu. Para penari juga mengiringi tamu mereka ke dalam arena acara. Suguhan tersebut begitu dinikmati para peserta. Dalam kesempatan tersebut, Ketua panitia AUYS 2016, M. Nurjihadi, M.Si, mengucapkan selamat datang bagi  para peserta.

Menurutnya, penyambutan sengaja dipusatkan di Istana dalam loka sebagai bukti bahwa penyambutan kepada seluruh peserta bukan hanya oleh pihak panitia. Tapi juga oleh seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa. Karena istana dalam loka merupakan tempat yang paling dihormati dan paling dicintai oleh masyarakat Sumbawa.

Ia menegaskan di hadapan semua peserta, bahwa ketika mereka semua disambut disini, itu artinya peserta disambut tidak hanya oleh panitia dan UTS, tapi juga oleh seluruh warga Sumbawa.

AUYS ini kata Jihad merupakan pengalaman pertama panitia ataupun UTS menjadi tuan rumah acara internasional.

Namun ia memastikan panitia dan pihak UTS secara umum akan berupaya maksimal memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta.

penyambutan peserta AUYS 2016 di Istana Dalam Loka Sumbawa“Panitia dan masyarakat Kabupaten Sumbawa secara umum sangat berharap nantinya semua peserta yang datang bisa kembali lagi ke Sumbawa. Baik bersama keluarga, teman dan setiap orang yang dikenalnya,” ujar Jihad

Ia mengutarakan, acara ini adalah follow up dari acara yg sama tahun 2015 lalu di Universtitas Utara Malaysia (UUM). Dan kami berusaha untuk mempersembahkan yang lebih baik untuk peserta dari yang telah dilaksanakan di Malaysia tahun lalu.

Usai menyambut para peserta, panitia kemudian mengajak para peserta  naik ke Istana Dalam Loka. Di tangga Istana, para peserta disuguhkan dengan atrasi Ngumang sebagai symbol ucapana selamat  datang di Istana Dalam Loka.

Di Istana Tua tersebut telah menunggu Sultan Sumbawa bersama permaisuri maupun para pengurus Lembaga Adat Tana Samawa (LATS).

Dalam sambutannya, Sultan Muhammad Kaharuddin IV, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan yang tahun ini digelar di Indonesia, khususnya di Sumbawa  tersebut.

“Masyarakat Sumbawa khususnya di NTB dan Indonesia secara umum melihat ini sebagai penghargaan yang luar biasa,” ujar Sultan.

Menurut Sultan, penyelenggaraan AUYS memiliki peran stategis bagi mahasiswa dengan predikat agen of change yang diharapkan mampu menelurkan ide, konsep dan gagasannya. Utamanya dalam membangun kesepahaman bersama antara sesama mahasiswa di Negara ASEAN, sesuai tema yang diusung.

Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin“Bagi Tau dan Tana Samawa, momentum AUYS bisa menjadi daya ungkit yang lebih kuat bagi pengembangan dan pembangunan Sumbawa  ke depan,” ujar Sultan.

Ia menambahkan, bahwa satu hal yang mestinya disadari bahwa kita kini memasuki MEA (Masyarakat ekonomi ASEAN). Dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing dan stabilitas perekenomian kawasan ASEAN.

Plh Bupati Sumbawa, Drs. H. Rasyidi, ikut mengapresiasi kegiatan  tersebut.  Menurutnya bahwa kegiatan ini juga ajang untuk memperkenalkan Sumbawa dengan segala bentuk keunikannya.

Rasyidi berharap melalui kegiatan tersebut Sumbawa semakin akan dikenal luas di kancah dunia Internasional. Terurama dalam menghadapi MEA 2016 yang membutuhkan daya saing untuk kemajuan bersama. Diantaranya dapat menjual nama Sumbawa khususunya sector Pariwisata. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *