Disdukcapil Sumbawa Rencanakan Buka Pelayanan Hari Libur

Sumbawa, PSnews – Pentingnya masyarakat memiliki administrasi kependudukan (Adminduk), membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus bekerja ekstra. Selain turun langsung ke 24 Kecamatan, pelayanan juga dilakukan di kantor dinas setempat. Bahkan rencananya, pelayanan pembuatan adminduk dibuka juga pada hari libur.

Kepala Dinas Dukcapil Sumbawa – Jaya Kusuma mengungkapkan, pelayanan jemput bola ke kecamatan mulai dilaksanakan sejak 30 Agustus hingga 8 Oktober mendatang. Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh adminduk, baik KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK) maupun Akta kelahiran.

Dilanjutkan, dalam setiap kegiatan turun lapangan tersebut, para petugas tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. ‘’Kegiatan dipusatkan di kantor camat masing-masing. Alhamdulillah pelayanannya berjalan lancar,’’ terangnya kepada wartawan.

Menurutnya, kegiatan ini akan terus berlanjut. Setelah jadwal di 24 kecamatan selesai, pihaknya kembali akan turun melayani warga yang belum melakukan perekaman. Hal ini untuk memastikan warga memiliki administrasi kependudukan baik KTP Elektronik, KK maupun akta kelahiran.

Disamping pelayanan jemput bola ini, pelayanan di Dinas juga tetap berjalan. Bahkan pihaknya berencana melakukan pelayanan di hari libur yakni Sabtu dan Minggu. Pelaksanaan hari libur ini bakal diawali untuk wilayah dalam kota.

Dijelaskan, upaya ini dilakukan sebagai bentuk optimalisasi pelayanan. Karena disadari, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat. Pihaknya pun tetap berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk menggerakkan masyarakat agar mendatangi tempat pelayanan administrasi kependudukan. Mengingat pentingnya adminduk ini dalam setiap berurusan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *