Pantai Saliper Ate Ditata Ulang, Dijadikan Obyek Wisata Keluarga

Sumbawa, PSnews – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa mulai menata ulang pantai Saliper Ate. Sejumlah sarana dan prasarana yang ada sudah mulai ditambah, meskipun belum menyeluruh.

Kepala Dispopar Kabupaten Sumbawa – Rusmin Junaidin

Kepala Dispopar – Rusmin Junaidin menjelaskan, pihaknya ingin menjadikan pantai Saliper Ate sebagai lokasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi. Apalagi letaknya sangat strategis dan tidak jauh dari pusat kota Sumbawa. ‘’Bagaimana kita kembangkan destinasi yang sangat representatif di Kabupaten Sumbawa yaitu Saliper Ate. Kita berencana ingin benahi Saliper Ate untuk bisa menjadi alternatif wisata keluarga,’’ terangnya.

Selain itu, lanjut Edot – sapaan akrabnya, lokasi tersebut juga direncanakan akan dijadikan sebagai pusat informasi pariwisata Sumbawa. ‘’Jadi kita ingin membuat Saliper Ate itu menjadi sentra dalam pengembangan pariwisata Sumbawa, disitu juga ada sumber informasi wisata, dan lainnya,’’ tuturnya.

Lebih jauh dijelaskan, ada beberapa item yang sudah dibangun untuk fasilitas penunjang wisata di panati Saliper Ate. Namun akibat pandemi covid-19, pembangunannya terpaksa dihentikan sementara. Sebab, anggaran yang digelontorkan Pemerintah Pusat untuk pengembangan Saliper Ate terpaksa dikembalikan. ‘’Kalau tidak ada covid mungkin Saliper Ate sudah sangat berubah. Tapi kemarin sempat kita kembalikan anggarannya ke Pusat karena covid ini dari Rp 46 miliar, yang terealisasi hanya Rp 2,5 miliar,’’ ungkapnya.

Meski begitu, nampaknya Dispopar Sumbawa tidak tinggal diam. Upaya membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi NTB pun dilakukan. Sehingga akan ada bantuan anggaran dari Provinsi untuk pengembangan pantai Saliper Ate. ‘’Dengan komunikasi baik dengan Kementerian maupun Provinsi, akhirnya kita dengan Provinsi ada angin segar untuk kita sharing anggaran dalam pengembangan Saliper Ate,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *