Dengar Ada Gangguan Kamtibnas di Ajang Pilkada, Kapolda Langsung Meluncur ke Dompu

Dompu, PSnews – Sesuai dengan yang disampaikan beberapa hari lalu terkait komitmennya dalam menjaga kelancaran jalannya tahapan Pilkada, Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H menunjukkan ketegasnnya dalam menyikapi aksi biokir jalan oleh simpatisan salah satu Bapaslon di Kabupaten Dompu. Aksi tutup jalan tersebut merupakan buntut dari keputusan KPU setempat yang menyatakan Bakal Pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Dompu H. Syaifurrahman Salman SE – Ika Rizky Veryani (SUKA) tidak lolos verifikasi.

Mendengar adanya aksi anarkis tersebut Kapolda NTB bersama Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos M Han meluncur ke Kabupaten Dompu, Kamis (24/9/2020). Kedua perwira tinggi tersebut langsung menuju kediaman H. Syaifurrahman Salman SE dan Ika Rizky Veryani.

Kapolda NTB dalam kesempatan itu mengajak semua yang hadir untuk berdoa agar apa yang diharapkan bisa diijabah oleh Allah SWT. Tidak hanya itu, ia juga meminta kepada Bapaslon SUKA agar memberikan imbauan dan masukan kepada simpatisan supaya tetap menjaga keamanan daerah. Hal itu demi kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. “Terlebih lagi saat ini kita masih dilanda oleh wabah Covid-19. Saya harap agar kita semua bisa menjaga keamanan serta kesehatan di masa pandemi ini,” imbau M Iqbal.

Jendral bintang dua itu juga berharap kepada semua pihak agar mematuhi seluruh protokol kesehatan sebagai langkah antisipasi penyebaran dan penularan wabah Covid-19. “Saya mengajak, mari kita taati protokol kesehatan covid 19. Ini semua demi keselamatan kita bersama,” imbuhnya.

Senada dengan Kapolda NTB, Danrem 162/WB dalam kesempatan itu juga  berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dompu agar selalu menjaga keamanan dan mengikuti anjuran Pemerintah untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan Covid 19. “Kami berharap kepada Bapaslon SUKA agar tetap mengikuti prosedur sesuai jalur hukum yang berlaku. Saya bersama Kapolda NTB hari ini mendukung sikap itu. Jangan sampai ada kejadian seperti kemarin,” katanya.

Sementara itu Bapaslon H. Syaifurrahman Salman SE, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kapolda NTB dan Danrem 162/WB yang telah menyempatkan waktu untuk melaksanakan silaturahmi dengannya. Ia mengakui, kejadian kemarin terjadi lantaran pihaknya merasa kecewa. Ia menyebut, KPU Kabupaten Dompu tidak pernah mensosialisasikan terkait peraturan tersebut. “Kami berharap kedepannya jika ada permasalahan di kemudian hari agar dikoordinasikan terlebih dahulu. Jangan langsung main ambil tindakan tanpa ada koordinasi,” tutupnya.

Seperti diketahui, pada hari Rabu (23/9/2020) massa simpatisan Bapaslon Suka yang tidak terima atas keputusan KPU Kabupaten Dompu menggelar aksi blokir jalan sebagai wujud protes. Namun pemblokiran tersebut berakhir setelah petugas gabungan TNI-Polri membuka paksa jalan yang diblokir. (PSp)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *