Pilkada 2020 : Amankan Pendaftaran di KPU, Polres Sumbawa Siapkan Ratusan Personel

Sumbawa, PSnews – Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020 dijadwalkan terlaksana pada  4 hingga 6 September mendatang. Dalam menjamin rasa aman pada proses demokrasi tersebut, Polres Sumbawa menyiapkan ratusan personel.

Hal itu ditegaskan Kapolres Sumbawa – AKBP Widy Saputra, kepada awak media, Selasa (1/9). Pihaknya bersama KPU, Bawaslu dan para bakal pasangan calon sudah menggelar rakor (rapat kordinasi). Dalam kegiatan itu disampaikan tentang mekanisme dan kondisi pengamanan. ‘’Yang jelas untuk pengerahan pasukan mulai dari anggota kita, Brimob, jadi sekitar dua pleton atau 100 orang. Kita lihat karena ini bertahap, kita lihat kalau massanya sedikit, jadi tidak semuanya dikerahkan. Kita lihat sikon (situasi kondisi),’’ terangnya.

Widy menilai, secara garis besar kondisi Kamtibmas Kabupaten Sumbawa menjelang Pilkda 2020 masih kondusif. Pihaknya lebih menekankan penerapan protokol kesehatan pada setiap proses Pilkada. Salah satunya yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU Sumbawa. ‘’Nanti diatur proses pendaftarannya oleh KPU, diatur waktunya agar tidak berbarengan dan sebagainya,’’ tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyampaikan kepada Partai Politik dan Bakal Pasangan Calon agar pengarahan massa saat pendaftaran harus menerapkan protokol kesehatan. ‘’Kita sampaikan parpol pengusung dengan dengan calonnya agar pengerahan massa harus mengikuti protokal Covid. Tetap memperhatikan alat pelindung diri. Jadi intinya kita harap mereka mentaati protokol kesehatan. Massa dilarang masuk ke dalam ruangan KPU. Cukup menunggu di depan KPU. Jadi kalau masuk rungan kita batasi sesuai protokol Covid,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *