Tambah Pasokan Air PDAM, Pemkab Sumbawa Bangun SPAM Ai Ngelar

Sumbawa, PSnews – Bagian Pertanahan Setda Sumbawa saat ini sedang memproses pembebasan lahan masyarakat terkait rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ai Ngelar di Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes. Pertemuan dengan para pemilik lahan pun sudah dilakukan, termasuk langsung turun lapangan untuk meninjau lokasi.

Kepada wartawan, Kabag Pertanahan – Khaeruddin menjelaskan, SPAM Ai Ngelar ini untuk penambahan pasokan air PDAM di wilayah Sumbawa. Lahan masyarakat yang rencana dibebaskan sekitar 5 hektar, sisanya masuk kawasan hutan. ‘’Ini termasuk pengadaan lahan skala kecil. Tapi meski itu skala kecil, melibatkan sangat banyak orang, ada yang kena 1 meter persegi, ada yang puluhan meter persegi,’’ terangnya.

Diungkapkan, ada sekitar 30 masyarakat pemilik lahan yang terdampak dari pembebasan lahan tersebut. Sejauh ini, sudah dilakukan pertemuan dengan para pemilik lahan, termasuk tutun ke lokasi untuk mendapatkan data lahan. ‘’Jadi ada 30an orang yang kena. Sudah empat kali kita turun lapangan bersama teman BPN untuk mengukur, mengidentifikasi bertemu sama pemilik di lapangan langsung. Membuat berita acara. Setelah itu baru kita undang di lantai tiga untuk bertemu,’’ paparnya.

Menurutnya, dalam proses pengadaan tanah untuk SPAM Ai Ngelar ini pihaknya sudah mengumpulkan bahan untuk bisa dinilai oleh tim appraisal. Adapun beberapa bahan yang terkumpul yakni harga tanah sekitar, transaksi yang pernah terjadi untuk mengetahui harga pasaran, serta lainnya. ‘’Sampai saat ini sudah terkumpul semua berkas yang dibutuhkan. Tinggal kita serahkan ke appraisal untuk menilai,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *