Positif Covid Terus Meningkat di NTB, Masyarakat Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

Mataram, PSnews – Berbagai cara pemerintah melalui Gugus Tugas dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, namun jumlah kasus positif baru terus meningkat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut update data Rabu 27 Mei 2020 dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTB, terjadi penambahan 25 kasus baru terkonfirmasi positif, 1 (satu) tambahan sembuh baru, dan 1 (satu) kasus kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (27/5/2020) sebanyak 562 orang, dengan perincian 273 orang sudah sembuh, 10 (sepuluh) meninggal dunia, serta 279 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTB, Lalu Gita Aryadi mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sempat optimis dengan adanya peningkatan pasien sembuh disertai penurunan jumlah positif baru. Namun belakangan ini jumlah kasus positif yang baru kembali meningkat. “Beberapa waktu yang lalu kita optimis dengan penambahan pasien sembuh yang cukup signifikan disertai sedikitnya jumlah kasus terkonfirmasi positif baru. Namun dengan adanya jumlah kasus
terkonfirmasi positif Covid-19 yang cenderung meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir, mengindikasikan bahwa protokol pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat sudah mulai longgar,” keluh Lalu Gita melalui siaran pers yang diterima media ini Rabu petang (27/5/2020).

Karenanya ia mengimbau masyarakat sebagai garda terdepan dalam menghentikan penyebaran wabah ini, untuk senantiasa taat dan patuh serta melakukan disiplin secara ketat dalam menjalankan seluruh protokol pencegahan Covid-19.

Menurutnya, kesadaran dan tindakan pencegahan bersama merupakan langkah paling tepat sebelum dilakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan. “Mari kita bersama saling mengingatkan dan saling menasehati, untuk
kehidupan normal yang kita nanti,” ajaknya.

Sementara itu, Lalu Gita menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid-19 dengan tetap tinggal di rumah. Ia mengajak masyarakat untuk senantiasa memakai masker jika keluar rumah dan menghindari kerumunan, physical distancing minimal dua meter, serta selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Lalu Gita yang juga menjabat sebagai Sekda NTB ini, menambahkan, pemerintah juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada petugas kesehatan yang tanpa lelah memberikan pelayanan, baik pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat maupun pelayanan pengobatan kepada pasien positif Covid-19 di rumah sakit. (PSa)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment