Anggaran BLT DD di Kabupaten Sumbawa Diperkirakan Rp 44,7 Miliar

Sumbawa, PSnews – Seluruh Desa di Kabupaten Sumbawa bakal melaksanakan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020. Itu dilakukan dalam hal penanganan dampak Covid-19 bagi masyarakat. Sejauh ini, anggaran untuk BLT DD ini diperkirakan mencapai Rp 44,7 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa – Ibrahim kepada wartawan menjelaskan, sebagian besar Desa di Kabupaten Sumbawa sedang melakukan pendataan juga finalisasi hasil pendataan terhadap masyarakat tergolong miskin yang akan menerima BLT DD. Sehingga ditargetkan, pencairan bantuan tersebut dilakukan setelah lebaran mendatang. Meski Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas sudah melaksanakannya terlebih dahulu.

Total anggaran pada program BLT DD di Kabupaten Sumbawa diperkirakan mencapai Rp 44,7 miliar. Dengan estimasi jumlah penerima sekitar 24.834 KK, yang tersebar di 157 Desa di Kabupaten Sumbawa. ‘’Ini angka estimasi ketika kita menghitung dengan pagu maksimal yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan. Artinya angka itu bisa berkembang, ketika hasil pendataan kemudian di desa itu berpengaruh dengan jumlah kemiskinan di desa,’’ terangnya.

Mengingat besaran anggaran dan jumlah penerima yang dinilai cukup besar, sehingga dalam pendataan harus dilakukan secara hati-hati. Agar BLT DD yang diterima masyarakat tidak tumpang tindih dengan program bantuan lainnya dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. ‘’Jadi pendataan BLT DD itu sudah sesuai dengan prasyarat yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Desa, bahwa penerima BLT itu jelas bukan penerima PKH, bukan penerima BPNT, dan bukan penerima kartu pra kerja. Yang jelas dia masuk dalam kriteria kemiskinan. Artinya ketika pengucuran BLT DD ini dilakukan, harapannya tidak ada lagi keluarga miskin yang tidak teratasi melalui program bantuan ini. Artinya yang tidak terdata melalui bantuan sosial tunai, yang tidak terdata melalui PKH, yang tidak terdadta melalui BPNT dan lainnya, itu akan masuk seluruhnya melalui Dana Desa,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *