Siswa di Sumbawa Diberi Edukasi Seni Rupa

Sumbawa, PSnews – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sumbawa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Pameran Seni Rupa “How Art You Today“ yang dilaksanakan di halaman kantor Dispusip pada Selasa (26/11/2019).

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan – Zulqifli mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi sarana edukasi yang dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat, khususnya para siswa tentang dunia seni rupa. Kegiatan ini juga sekaligus dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan karya para pegiat seni rupa, sehingga dapat semakin mendorong spresiasi masyarakat terhadap karya – karya seni rupa.

Zulqifli mencoba melukis di kanvas

Pemda menyambut baik penyelenggaraan kegiatan workshop dan pameran seni rupa ini, kegiatan seperti inilah yang tentu perlu banyak dihadirkan di era sekarang, dengan banyak menampilkan beragam seni rupa dari berbagai sisi, teknik, kategori dan hierarkhi. Langkah ini menjadi semacam One stop Learning and Shopping yang dapat membawa pengunjung untuk melihat, mengenali, mempelajari dan memahami kompleksitas paradigm mutakhir seni rupa. 

Pihaknya berharap agar terjadi perubahan terutama berkaitan dengan kepekaan artistik, pengetahuan dan juga perubahan sikap para siswa yang menjadi peserta workshop. Sekurang – kurangnya siswa mendapatkan hal – hal baru yang akan membuka pikiran mereka sehingga dapat menyerap nilai – nilai positif dari kegiatan ini. ‘’Mudah – mudahan kegiatan ini dapat menginspirasi dan memenuhi pendidikan anak seutuhnya untuk membangun iklim yang menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan menguatkan, sekaligus menciptakan warga sekolah yang dapat mengapresiasi seni dan budaya di lingkungan masing – masing,’’ harapnya.

Sebelumnya dalam laporannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Sumbawa – Irin Wahyu Indarni menyatakan, kegiatan Workshop dan Pameran seni rupa merupakan sebuah kegiatan berkesenian yang melibatkan pelajar SMA sederajat se- Kabupaten Sumbawa untuk turut berperan serta dalam kegiatan workshop yang akan dipandu oleh seniman professional sebagai nara sumber, dimana para seniman yang ikut dalam berpameran juga akan menceritakan proses penggarapan karya dan ide dasar hingga menjadi karya yang utuh kepada peserta workshop dan melibatkan seniman – seniman muda Sumbawa yang aktif dalam berkarya dimana sekitar ada 18 karya seni rupa dengan berbagai tema, yang dilaksanakan dari tanggal 26 sampai 30 November 2019.

Kegiatan ini dinilai sangat penting untuk dilaksanakan secara rutin, guna menggali kemampuan para generasi muda Sumbawa agar dapat lebih jeli dalam melihat peluang yang ada, untuk dapat menghasilkan sesuatu yang kreatif dan memiliki nilai ekonomis kedepan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *