Lisda, Atlet Bulutangkis Sumbawa Tembus Nasional

Sumbawa, PSnews – Salah seorang atlet cabang olahraga Bulutangkis Kabupaten Sumbawa Lisda Orvala Linnisa berhasil masuk dalam tim Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) NTB. Anak pertama dari dua bersaudara pasangan Andung Yulianto dan Endang Sulastri ini, menjadi satu-satunya atlet bulutangkis putri dari Pulau Sumbawa yang mengikuti POPNAS XV/2019 di Jakarta.

Masuk dalam tim POPNAS NTB tampaknya tidaklah mudah. Harus intens latihan, juga memiliki prestasi olahgara yang gemilang. Sejauh ini, Lisda tergabung dalam club ATJ (Aswin Training Junior) dan menjalani latihan bulutangkis di GOR Pragas.

Dari kiri : Aswin dan Lisda

Adapun beberapa prestasi yang berhasil diraih Lisda hingga akhirnya terpilih masuk dalam tim POPNAS NTB yakni meraih medali perunggu diajang Porprov NTB tahun 2018, dan ini untuk yang pertama kali dalam cabor bulutangkis Sumbawa. Dia juga pernah mewakili Kabupaten Sumbawa dalam POPDA kabupaten dan POPDA Provinsi. Termasuk terpilih dalam tim putri POPWIL NTB dan meraih medali perak. Hingga akhirnya saat ini menjadi tim POPNAS NTB, dan akan bertanding di Jakarta pada pelaksanaan POPNAS XV pada 17 hingga 27 November 2019. ‘’Jadi untuk masuk dalam tim POPNAS sangat berat, karena bersaing dengan atlet di 10 Kabupaten/Kota di NTB. Ini baru pertama kali atlet bulutangkis putri Sumbawa yang tembus di POPNAS. Yang masuk tim POPNAS hanya Lisda saja yang dari Pulau Sumbawa,’’ terang pelatih ATJ – Aswin Try Juniarta kepada wartawan, Minggu (17/11/2019).

Aswin berharap, dengan masuknya Lisda dalam tim POPNAS NTB mudah-mudahan bisa meraih hasil yang maksimal. Apalagi dia masih berusia muda, sehingga masih bisa mengikuti beberapa event lainnya. ‘’Bila perlu lebih ditingkatkan lagi prestasinya. Harapan saya bukan hanya Lisda saja, tapi masih banyak atlet junior lainnya, mudah-mudahan bisa mengikuti jejak Lisda, juga mengikuti keberhasilan atlet berprestasi lainnya,’’ tuturnya.

Amiruddin

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Sumbawa – Amiruddin. Selain terpilih dalam tim POPNAS NTB, dalam tahun ini Lisda juga masuk dalam tim Pra PON untuk cabor bulutangkis, namun Lisda tidak diikutkan dalam pertandingan. Lantaran dia lebih digodok untuk mengikuti POPNAS. ‘’Menurut pertimbangan Ketua PBSI NTB, Lisda ini kalau ikut POPNAS peluangnya lebih besar, sehingga Lisda memilih ikut TC di Mataram untuk POPNAS. Ini juga identik dengan pelajar, artinya peluang bersaingnya juga lebih besar,’’ ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, dalam menjaring tim POPDA, Dispora NTB menggandeng Pengprov PBSI NTB. Artinya, yang terpilih dalam tim tidak harus menjadi juara pada POPDA lalu. Tapi juga ada hasil telescoting yang dilakukan Pengprov PBSI NTB. Dalam telescoting itu dilihat kedisiplinan atlet, loyalitas dalam mempertahankan prestasi, juga lainnya. ‘’Harapan kita mudah-mudahan Lisda bisa membangkitkan prestasi PBSI Sumbawa. Harapannya di POPNAS bisa juara, dan dilirik oleh Pelatnas,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *