Pembangunan Dermaga Medang Alami Kendala

Sumbawa, PSnews – Pengerjaan proyek pembangunan Dermaga Pulau Medang di Kecamatan Labuhan Badas belum bisa dilanjutkan karena mengalami kendala. Dimana kapal tongkang pengangkut material utama hingga kini belum tiba di lokasi pembangunan.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa – Abdul Azis mengungkapkan, untuk Dermaga Pulau Medang sejauh ini baru selesai pemasangan tiang pancang. Hingga kini, progress pembangunannya baru mencapai 38 persen. “Ada deviasi 12 persen, karena seharusnya sekarang sudah 50 persen. Ini karena terjadi keterlembatan pengiriman material,’’ terangnya.

Abdul Azis

Untuk kelanjutan pekerjaan dermaga ini mengalami kendala pada pengiriman material balok precast serta batu untuk causeway. Awalnya, kapal tongkang yang membawa material dari Surabaya rencananya tiba di Medang tanggal 25 Oktober lalu. Namun terjadi perubahan jadwal tongkang merapat ke Pelabuhan Situbondo, sehingga pengangkutan material dari daratan ke tongkang menjadi terlambat.

Namun dari komunikasi yang dilakukan dengan pihak konsultan pengawas dan pelaksana, pengiriman material sudah dilakukan. Diperkirakan awal November material sudah tiba di Pulau Medang. “Ternyata terjadi perubahan jadwal tongkang masuk di Pelabuhan Situbondo, sehingga material yang sedianya diangkut tidak bisa merapat. Kemarin saya sudah konsultasi dengan konsultan pengawas  dan pelaksana, tanggal 30 Oktober baru bisa masuk tongkang ke pelabuhan Situbondo. Perkiraan 4 hari Insya Allah sudah nyampai di Bugis Medang materialnya,’’ tuturnya. 

Ketika nantinya kapal tongkang sudah tiba, lanjut Aziz, maka balok precast langsung dipasang di atas tiang pancang. Begitupula pengerjaan causeway. Dimana untuk mengejar deviasi yang ada, pihaknya sudah menekankan kepada pelaksana untuk menambah jumlah pekerja. ‘’Kita usahakan terkejar deviasi itu. Saya sudah wanti-wanti pelaksana agar menambah jumlah pekerja. Supaya pekerja yang pasang balok precast beda dengan yang pasang causeway. Kami juga upayakan agar pengerjaannya dapat diselesaikan tepat waktu,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *