Bupati Tekankan soal Pentingnya Pembauran dan Wawasan Kebangsaan

Sumbawa, PSnews – Pemkab Sumbawa menggelar Sosialisasi Pembauran Kebangsaan dan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan pada Rabu pagi (2/10) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Harapannya dapat meningkatkan rasa dan dan semangat kebangsaan dikalangan masyarakat.

Kepala Badan Kesbangpoldagri Sumbawa – Irawan Subekti melaporkan tujuan sosialisasi untuk membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan dikalangan masyarakat demi mendorong terwujudnya kehidupan harmonis, yang akan mendukung percepatan pencapaian tujuan dan cita-cita nasional dalam suasana keutuhan bangsa dalang bingkai NKRI.

Sementara, Bupati Sumbawa – M Husni Djibril menyatakan, pembauran kebangsaan ini merupakan bagian penting dari kerukunan nasional yang akan memperkokoh integrasi bangsa. Pembauran kebangsaan akan meningkatkan penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia dengan tekad untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu serta cinta tanah air.

Selain itu, dalam pembauran kebangsaan, masyarakat juga harus memahami wawasan dan nilai kebangsaan dengan baik. “Wawasan kebangsaan merupakan rasa yang lahir secara alamiah karena adanya kesadaran berbangsa, kebersamaan sosial yang tumbuh dari kebudayaan, sejarah dan aspirasi perjuangan masa lampau, serta kebersamaan dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa yang akan datang. Namun, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, wawasan kebangsaan pada diri masyarakat mulai terkikis oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia. Terkikisnya pengetahuan dan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap bangsa kita sendiri tentu akan berdampak buruk bagi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara kita,’’ ujarnya.

Terkait hal tersebut, tugas dan kewajiban pemerintah daerah adalah membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman dan gangguan keamanan di daerah akibat persoalan etnis dan suku bangsa. Kemudian menumbuh-kembangkan keharmonisan, toleransi, saling pengertian, saling menghargai, menghormati dan saling percaya di antara anggota masyarakat dari berbagai ras, suku dan etnis sehingga terwujud kehidupan sosial yang solid dan integral.

Bupati berharap sosialisasi yang digelar hari ini dapat menjawab berbagai persoalan terkait pembauran dan wawasan kebangsaan yang tengah berlangsung saat ini, serta semakin menumbuhkembangkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial tanpa memandang etnis dan golongan, menyuburkan proses pembauran, dan memantapkan persatuan dan kesatuan antar seluruh elemen bangsa. 

Peserta sosialisasi

Kegiatan ini menghadirkan satu penceramah dan tiga narasumber yaitu Komandan Kodim 1607 Sumbawa Letkol Inf. Samsul Huda yang memaparkan tentang pembinaan komunikasi sosial dalam rangka cegah radikalisme/separatism di wilayah Kabupaten Sumbawa. Sementara itu, Kapolres Sumbawa AKBP. Tunggul Sinatrio memaparkan tentang peran Polri demi terwujudnya kamtibmas, dan Kaban Kesbangpoldagri Sumbawa memaparkan tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan pembauran kebangsaan demi terwujudnya masyarakat yang aman, tenteram dan damai.

Adapun peserta berjumlah 150 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, FKDM, FKUB, FPK, pimpinan radio, pimpinan redaksi, Camat, Lurah, Kades tiga kecamatan, Kepala SMA/SMK/MAN, Kepala SMP/MTS dan Pimpinan Podok Pesantren. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *