Sumbawa Dapat Hibah Exavator dari Kementerian PUPR

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat hibah BMN (Barang Milik Negara) berupa satu unit alat berat (excavator) senilai Rp. 1.689.458.818. Penyerahan hibah dilakukan melalui Penandatanganan Naskah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Barang Milik Negara dari Direktorat Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemerintah Daerah Penerima Hibah. Dari Kabupaten Sumbawa diterima Bupati melalui Sekda Sumbawa – Hasan Basri,  pada Selasa (10/9/2019) di Ruang Pendopo Kantor Kementerian PUPR RI.

Penyerahan hibah

Dalam sambutannya, Sekretaris Dirjen Cipta Karya – Doddy Krisnandin mengatakan, sejak dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2007 tentang Tim Penertiban Barang Milik Negara. Hampir seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah memusatkan perhatian dan potensinya untuk membenahi dan menertibkan tata kelola barang milik daerah di bawah koordinasi kuasa pengguna barang masing-masing. “Kita sadari bahwa pembenahan dan penertiban tata kelola barang negara berkorelasi positif bagi kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah yang meraih opini dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dengan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas laporan keuangan,’’ ucapnya dalam siaran pers yang diterima media ini.

Hibah berupa alat berat tersebut sebenarnya telah digunakan sejak tahun 2016 dalam mendukung operasional persampahan di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Raberas Kelurahan Seketeng Sumbawa. Alat berat tersebutu diserahkan berdasarkan naskah perjanjian hibah Nomor 352.1/BA/DC/2065 dan Nomor 029/778/BPKAD/2019 tanggal 10 September 2019, dan akan dilakukan pencatatan dalam KIB (Kartu Inventaris Barang) Kabupaten Sumbawa dan menjadi barang milik daerah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 67 pemerintah daerah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara. Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu dari 8 pemerintah kabupaten/kota di Provinsi NTB yang menerima hibah. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *