Perambahan Hutan Marente Harus Dihentikan

Sumbawa, PSnews – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa – A. Rahim yang mewakili Bupati Sumbawa melakukan silaturrahim sekaligus Safari Ramadhan di Masjid Nurul Hijriah Desa Marente Kecamatan Alas pada Senin (13/5/2019). Dalam kesempatan itu, ia meminta agar aksi perambahan hutan di wilayah Marente harus dihentikan. “Satu hal yang juga perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa perambahan hutan atau ilegal logging dan ilegal mining di wilayah hutan Marente harus dihentikan, karena mengancam debit air sungai yang setiap tahun semakin berkurang. Termasuk juga mencemari sumber air baku bagi masyarakat kecamatan Alas,’’ tegasnya.

Safari Ramadhan di Desa Marente

Khusus untuk Desa Marente, pada sektor pertanian menurutnya sudah menunjukkan progress yang sangat baik, mulai dari distribusi pupuk kepada para petani serta irigasi untuk mengairi sawah. Dikatakan pula, desa Marente mempunyai kekayaan alam yang potensial untuk di kembangkan menjadi daerah wisata baik wisata alam, rekreasi, wisata olaraga maupun untuk penelitian.

Dibidang lainnya, juga disinggung masalah perbaikan sistem produksi, baik terhadap jagung dan sapi yang dilakukan secara terintegrasi, dan dengan semangat gerakan yang sudah ada di tengah masyarakat Sumbawa, diharapkan bisa mencapai produksi yang lebih optimal terhadap kedua komoditi tersebut dengan target dan sasaran yang rasional.

Dalam kesempatan itu, para Kades dan perangkat desa kembali diingatkan untuk tidak tersangkut persoalan hukum, karena tidak amanah dalam mengelola keuangan desanya. Kepada camat beserta jajarannnya, diminta agar lebih intensif melakukan pembinaan dan pengawasan.

Sebelumnya, Ustad Irwandani dalam ceramahnya mengajak masyarakat, untuk meningkatkan iman dan taqwa, serta bersyukur atas nikmat Ramadhan yang telah dianugrahkan kepada umat Muhammad. ‘’Ramadhan adalah anugrah yang diberikan kepada Rasulullah yang tidak diterima oleh nabi dan rasul sebelumnya, bulan dimana pintu ampunan dibuka, do’a-do’a terijabah, pintu syurga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup rapat, serta amalan dilipat gandakan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *