Kelompok Asmantosur ‘SALING BEME’ Desa Moyo Mekar Dinilai Provinsi

Sumbawa, PSnews – Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga dan Akupresur (Asmantosur) “Saling Beme” Desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir dinilai tim penilai lomba taman obat keluarga (Toga) dan akupresur Tingkat Provinsi NTB pada Rabu (15/5/2019).

Ketua tim penilai tingkat Provinsi NTB – Yayuk Andayani dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya penilaian bukan untuk bersaing dan mendapatkan juara, namun untuk menjadikan tanaman obat dan akupresur menjadi poluper dan mendapatkan tempat istimewa, serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, untuk melestarikan kearifan local warisan nenek moyang yang merupakan anugerah tuhan dan harus disyukuri.

Disampaikan, pengalaman untuk menggunakan tanaman obat merupakan suatu budaya luhur dan harus diperkenalkan kepada generasi muda, agar budaya dapat dilestarikan dan tidak hilang ditelan jaman, yaitu dengan cara tetap menanam dan melestarikan serta dapat dimanfaatkan, meningkatkan sosialisasi mengenai tanaman obat kepada anak anak mulai dari tingkat TK/SD, serta mengajak dan merangkul remaja, dengan mendokumentasikan jenis tanaman dan kegiatan yang dilakukan.

Ketua Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Unram ini juga berkomitmen agar tanaman obat menjadi poluler ditengah-tengah masyarakat, sehingga dapat berkontribusi bagi kesehatan khususnya pengobatan tradisional.

Sebelumnya, Camat Moyo Hilir M. Lutfi Makki melaporkan, terdapat 60 jenis tanaman obat di komplek tanaman obat keluarga “Saling Beme”, yang merupakan warisan tradisi masyarakat yang dilestarikan. Selain dimanfaatkan untuk obat keluarga, tanaman obat serta hasil inovasinya sudah bernilai ekonomis. Sejauh ini kelompok asmantosur “saling beme” sudah bekerjasama dengan UKK (unit kesehatan kerja) yang merupakan inovasi dari Puskesmas Moyo Hilir. Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, antara lain desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta dukungan luar biasa dari tim penggerak PKK. ‘’Saya harap melalui penilaian ini, kelompok asmantosur “saling beme” dapat sukses bersaing, dan meraih juara sehingga dapat melaju ke tingkat nasional,’’ tuturnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *