Pemerintah Pusat Survey Rencana Lokasi Pelabuhan Teluk Santong

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Pusat sedang melakukan survey terhadap lokasi rencana dibangunnya pelabuhan Teluk Santong. Artinya, dalam waktu dekat sudah ada kepastian terkait impian masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk memiliki pelabuhan yang representatif di wilayah tersebut.

Kepada wartawan, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Setda Sumbawa, L Suharmaji mengungkapkan, belum lama ini sudah dilakukan ekspose terkait rencana pembangunan Pelabuhan Teluk Santong. Ekspose tersebut dilakukan bersama tim Pelindo III dari Surabaya yang merupakan BUMN daripada Pemerintah Pusat dalam bidang Kepelabuhan. “Kita sudah melakukan ekspose bersama tim Pelindo III yang merupakan salah satu provider di bidang Kepelabuhan,’’ jelasnya.

Selain melakukan ekspose, tim Pelindo III juga sudah melakukan survey ke lokasi yang menjadi rencana bakal dibangunnya pelabuhan. Survey dilakukan untuk mendapatkan data lengkap di lokasi, baik dari segi potensi ekonomi, sosial dan khususnya kepelabuhanan. “Kalau sudah turun survey, paling tidak nanti dari hasil survey mereka akan menganalisa data-data yang ada. Apakah nanti pembangunan pelabuhan itu akan memberikan dampak positif atau dampak negatif,’’ tandasnya.

Untuk mendukung data yang diperlukan Pusat, Pemda Sumbawa telah menyiapkan beberapa dokumen, diantaranya Feasibility Study (FS) yang sudah dilakukan pada tahun 2014. Kemudian sekarang juga sedang proses mengalih-fungsikan lahan sekitar 300 hektar yang masuk dalam kawasan.

Selain itu, akses jalan juga sudah didesain pada tahun 2017 lalu sepanjang 4,5 kilometer dari jalan negara masuk ke akses rencana pelabuhan. Semua dokumen yang saat ini diperlukan, sebagiannya sudah selesai dan sebagian masih dalam proses. Pihaknya akan berupaya menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dalam tahun ini, sehingga pelabuhan yang diharapkan bisa terwujud. “Kita berdoa semoga Pelabuhan Teluk Santong ini bisa terwujud Insya Allah dalam setahun atau dua tahun kedepan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *