Sumbawa KLB Rabies, Pemerintah Turun Tangan

Sumbawa, PSnews – Setelah ditetapkannya Kabupaten Sumbawa berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) beberapa waktu lalu, mengundang perhatian Pemerintah Pusat untuk terjun langsung membantu penanganannya.
“Kasus gigitan Hewan Penyebar Rabies (HPR) di Provinsi NTB yakni di Dompu dan Sumbawa terbilang cukup tinggi. Dari kejadian itu, sudah ada masyarakat yang dinyatakan positif rabies, bahkan sampai meninggal dunia di Kabupaten Dompu, sehingga untuk mencegah meluasnya kasus rabies, keberadaan HPR di NTB perlu di lakukan vaksinasi,” jelas Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan yang disampaikan oleh Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner – drh. Syamsu Ma’arif saat acara Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) zoonosis rabies pada Rabu (20/2/2019) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. 

Diterangkan, rabies adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf, sehingga menyebabkan kerusakan pada otak, dimana penularannya berasal dari hewan seperti anjing, kera, kucing, musang, kelelawar, ke manusia (zoonosis). ‘’Tujuan dilaksanakannya sosialisasi pengendalian rabies ini adalah agar semua peserta dapat menyebarluaskan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bahaya penyakit rabies,’’ terangnya.

Menurutnya, untuk mencegah dan mengendalikan rabies agar NTB terbebas dari penyakit rabies yakni dengan memastikan semua hewan peliharaan terutama HPR sudah divaksinasi, semua HRP agar dikebiri atau disterilkan, jangan biarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas diluar rumah, buanglah sampah pada tempat sampah yang tertutup, eliminasi (pembunuhan) untuk pengurangan pupulasi, dan pemusnahan bangkai dengan cara ditanam.

Dalam acara tersebut, dilakukan pemutaran film tentang gejala-gejala penyakit rabies sebelum kematian, dan dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi. Adapun materi yang disampaikan adalah tentang penerapan komunikasi resiko dan kesejahteraan hewan dan pengendalian rabies di Sumbawa oleh Direktur Kesmavet, sosialisasi penyakit rabies dari aspek kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa, sosialisasi penyakit rabies dari aspek kesehatan hewan, dari Dinas Peternakan dan Keswan Kab. Sumbawa, program pengendalian dan kewaspadaan wabah rabies di Sumbawa oleh Direktur Kesehatan Hewan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *