Dispopar Siap Dampingi Pokdarwis di Lima Desa Ekowisata

Sumbawa, PSnews – Sebanyak lima desa ekowisata telah terbentuk di Kabupaten Sumbawa. Selain untuk memamerkan keindahan alam yang dimiliki daerah, dibentuknya desa ekowisata ini juga salah satunya bertujuan untuk menjaga kelestarian hutan yang ada. Untuk itu, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa siap memberikan pendampingan terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang telah dibentuk di masing-masing kecamatan dan desa yang ditunjuk.

Demikian disampaikan Kepala Dispopar Sumbawa – H Junaidi kepada media ini di ruang kerjanya. Adapun lima desa ekowisata yang sudah dilaunching yakni Desa Batu Dulang, Desa Pelat, Desa Marente, Desa Pernek dan Desa Songkar. Pengembangan wisata di masing-masing desa tersebut terus dilakukan. “Kami dengan Dinas LHK NTB melalui Balai KPH di Sumbawa mencoba mengkolaborasikan beberapa program kegiatan yang mungkin bisa disamakan untuk mendorong bidang pariwisata. Kebetulan di Dinas Kehutanan ada yang membidangi tentang jasa hutan. Itulah salah satu kegiatan yaitu pengembangan desa ekowisata,’’ terangnya Rabu (26/7/2017).

Menurutnya, kawasan hutan di lima desa tersebut coba didorong sebagai langkah utama dalam pengembangan desa ekowisata. Di sini, masyarakat dilibatkan dalam pengelolaannya, yang tergabung dalam Pokdarwis. “Karena keterlibatan masyarakat itu penting. Sehingga akan lebih mudah dalam perkembangan objek wisata ini nantinya,’’ ujarnya.

Bahkan dari informasi yang diterima, sejumlah wisatawan baik lokal Sumbawa, luar daerah, bahkan touris mancanegara pun telah mengunjungi beberapa desa ekowisata tersebut. Sehingga upaya pengembangan kedepan akan terus dilakukan. Salah satunya dengan memberikan pendampingan bagi anggota pokdarwis yang ada. “Untuk program pendampingai dari kita kepada para kelompk yang ada, saya sudah mengusulkan ke Pusat, dan Pusat sudah menyambut baik. Sekitar bulan depan akan ada program pelatihan dari Kementerian Pariwisata untuk pengelolaan homestay. Dalam pelatihan ini juga akan disertakan dengan materi yang berkaitan dengan penguatan pokdarwis,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *