Mentan Resmikan Ekspor Jagung Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia – Amran Sulaiman meresmikan eksport 12.000 ton jagung asal Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Filipina. Menurut Mentan, Sumbawa merupakan salah satu sentra penghasil jagung terbesar di Indonesia.
Jagung Sumbawa“Hari ini kita menyaksikan 12.000 ton akan diekspor ke Filipina. Diperkirakan sampai hari ini khusus di Sumbawa itu 134 ribu ton (ekspor),” kata Amran di Pelabuhan Badas, Sumbawa, Jumat (31/7/2015).
Sementara secara nasional, lanjut Amran, ada 400 ribu ton jagung asal Indonesia yang telah diekspor. “Itu kita cek yang dari Gorontalo ada lebih dari 100 ribu ton, di Bima, Sulawesi Selatan juga,” papar Amran.

Keberhasilan produksi jagung hingga diekspor ke luar negeri, tidak lepas dari program pemerintah. Menurut Amran, pemerintah yang memberikan bantuan satu juta hektare (ha) lahan pertanian bisa menambah produksi jagung hingga lima juta ton.

“Ini program pemerintah sekarang kita memberikan bantuan satu juta ha untuk Indonesia. Ada tambahan lima juta ton. Karena ada aturan jagung ini tidak ditanam di lahan eksisting tapi di lahan baru,” pungkas dia.
Ia berharap tahun depan panen jagung di Kabupaten Sumbawa dari 50 ribu hektar bertambah dua kali lipat menjadi 100 ribu hektar agar mampu mendongkrak perekonomian petani Sumbawa. Dalam mewujudkannya pemerintah pusat akan memberikan dukungan anggaran dari Rp 50 Miliyar tahun lalu akan dinaikkan menjadi Rp 130 milyar. “Perhatian pemerintah dalam bidang pertanian sangat besar. Dibuktikan dengan tambahan anggaran tahun 2015 mencapai 16,9 triliun rupiah yang merupakan anggaran terbesar sepanjang sejarah, sekitar 130 milyar untuk Sumbawa,” ungkapnya. (PSm)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *